Record Details

ROLE MODEL GURU SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI ERA SOCIETY 5.0

Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ROLE MODEL GURU SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI ERA SOCIETY 5.0
 
Creator Yaqin, Nurul
Darmayanti, Astuti
 
Description Era society 5.0 yang secara kasat mata dan perlahan telah mereduksi nilai-nilai moral generasi muda harus dihadang dengan benteng yang kokoh yaitu pendidikan karakter. Guru hingga saat ini masih menjadi garda terdapan dalam menyemai nilai-nilai karakter meski menghadapi tantangan yang sangat pelik dan kompleks. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan role model guru sebagai asas pendidikan karakter siswa di era society 5.0. Kajian pustaka merupakan metode penelitian yang sesuai dengan penelitian ini yang dilakukan dengan cara melakukan analisis terhadap beberapa kajian yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa role model guru dalam menanamkan karakater kepada peserta didik di era society 5.0 selain menjadi tauladan yang baik guru harus dibalut dengan kompetensi yang lain seperti literasi dasar, literasi teknologi, dan teknologi manusia. Selain itu juga harus dipadukan dengan kecapakan hidup dan keahlian bidang pendidikan abad 21.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2022-02-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1336
 
Source Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 9 No 1 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman; 69-79
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 9 No 1 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman; 69-79
2355-0104
2549-3833
10.31102/alulum.v9i1.2022
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1336/835
 
Rights Copyright (c) 2022 Nurul Yaqin, Astuti Darmayanti
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0