Record Details

TRADISI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA PONDOK PESANTREN DI ERA DIGITAL

Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TRADISI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA PONDOK PESANTREN DI ERA DIGITAL
 
Creator Syaiful, Muhammad
Hermina, Dina
Huda, Nuril
 
Description Pesantren yang merupakan bagaian dari agen penguatan budaya Indonesia megemban tugas tidak sederhana, terutama dalam mempertahankan nilai tradisi pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren. Di sisi lain, perkembangan tekhnologi juga mengaharuskan pesantren untuk membuka mata bahwa inovasi dan digitalisasi di sebagaian aspek pembelajarannya harus dilakukan. Penelitian ini berangkat dari fenomena digitalisasi di beberapa pesanteren di Indonesia yang semakin hari semakin meluas. Metode peneltian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis library reseach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan tekhnologi digital sebagai media dan sarana pembelajaran penting dilakukan sebagai upaya akselerasi dan percepatan. Namun demikan, proses yang dilakukan harus tetap mempertahankan nilai “sakralitas” tradisi tersebut sehingga ia menjadi sarana dan media yang efekif bukan justru menjadi “benalu” yang membuat pesantren kehilangan identitas aslinya. Beberapa aspek yang dapat dilakukan inovasi digital adalah muatan kurikulum pesantren, media pembelajaran pesantren, dan system informasi pesantren yang berbasis pada database internet.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2022-02-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1335
 
Source Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 9 No 1 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman; 33-44
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 9 No 1 (2022): al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman; 33-44
2355-0104
2549-3833
10.31102/alulum.v9i1.2022
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1335/834
 
Rights Copyright (c) 2022 Muhammad Syaiful, Dina Hermina, Nuril Huda
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0