FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH
FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH |
|
Creator |
Atnawi, Halimatus Sa’diyah, Masykurotin Azizah, Evi fatimatur Rusydiyah,
|
|
Description |
Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang semakin diminati oleh masyarakat harus melakukan peningkatan mutu lembaganya termasuk profesionalisme guru-gurunya. Refleksi dalam proses mengajar bagi guru merupakan hal yang penting dalam peningkatan profesionalisme Guru. Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan guru dalam mengajar diperlukan Refleksi dari feedback siswa, dengan begitu guru akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dalam peningkatan kualitas mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah peningkatan profesionalisme guru melalui refleksi dari feeback siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 140 siswa dan 15 guru. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa refleksi yang dilakukan siswa dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.
Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang semakin diminati oleh masyarakat harus melakukan peningkatan mutu lembaganya termasuk profesionalisme guru-gurunya. Refleksi dalam proses mengajar bagi guru merupakan hal yang penting dalam peningkatan profesionalisme Guru. Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan guru dalam mengajar diperlukan Refleksi dari feedback siswa, dengan begitu guru akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dalam peningkatan kualitas mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah peningkatan profesionalisme guru melalui refleksi dari feeback siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 140 siswa dan 15 guru. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa refleksi yang dilakukan siswa dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar. |
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2021-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1099
|
|
Source |
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 178-189
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 178-189 2355-0104 2549-3833 10.31102/alulum.v8i2.2021 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1099/712
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Halimatus Halimatus Sa’diyah
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|