Record Details

FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH

Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH
FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH
 
Creator Atnawi, Halimatus Sa’diyah, Masykurotin Azizah, Evi fatimatur Rusydiyah,
 
Description Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang semakin diminati oleh masyarakat harus melakukan peningkatan mutu lembaganya termasuk profesionalisme guru-gurunya. Refleksi dalam proses mengajar bagi guru merupakan hal yang penting dalam peningkatan profesionalisme Guru. Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan guru dalam mengajar diperlukan Refleksi dari feedback siswa, dengan begitu guru akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dalam peningkatan kualitas mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah peningkatan profesionalisme guru melalui refleksi dari feeback siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Penelitian ini dilakukan pada 140 siswa dan 15 guru. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa refleksi yang dilakukan siswa dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.
Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang semakin diminati oleh masyarakat harus melakukan peningkatan mutu lembaganya termasuk profesionalisme guru-gurunya. Refleksi dalam proses mengajar bagi guru merupakan hal yang penting dalam peningkatan profesionalisme Guru. Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan guru dalam mengajar diperlukan Refleksi dari feedback siswa, dengan begitu guru akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dalam peningkatan kualitas mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah peningkatan profesionalisme guru melalui refleksi dari feeback siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Penelitian ini dilakukan pada 140 siswa dan 15 guru. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa refleksi yang dilakukan siswa dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2021-07-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1099
 
Source Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 178-189
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 178-189
2355-0104
2549-3833
10.31102/alulum.v8i2.2021
 
Language ind
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1099/712
 
Rights Copyright (c) 2021 Halimatus Halimatus Sa’diyah
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0