MADRASAH SEBAGAI ALTERNATIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPSI MASYARAKAT
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MADRASAH SEBAGAI ALTERNATIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPSI MASYARAKAT
|
|
Creator |
Moh. Subhan, Wina Khaerunisa, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki,
|
|
Description |
Islam places education as the main agenda in improving people's conditions, public awareness of education is also one of the backgrounds, year after year Islamic education in Indonesia has been recognized by the community so that many educational institutions have been established, both starting from the city area. From large to small areas such as villages, people are already aware of the importance of education, especially as humans who are Muslim, therefore it is obligatory to study Islamic teachings that have been conveyed by the Prophet Muhammad. Islam is an alternative to taking Islamic education by studying various kinds of Islamic teachings, of course. In this study, the researcher wants to discuss how the public view of madrasas as an alternative to Islamic education that has been implemented in many areas. This research is descriptive with a qualitative approach. then data collection data collection in this study was carried out through interviews, observations or observations and documents that had been given permission by the madrasa in question.
Islam menempatkan pendidikan sebagai agenda utama dalam memperbaiki keadaan masyarakat, kesadaran masyarakat terhadap pendidikan pun menjadikan salah satu yang melatar belakanginya, tahun ke tahun terjalani pendidikan Islam di Indonesia pun sudah diakui oleh masyarakat sehingga sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang telah berdiri, baik dimulai dari wilayah kota besar hingga wilayah kecil seperti perkampungan pun masyarakat sudah sadar akan pentingnya pendidikan, apalagi kita sebagai manusia yang beragama muslim, maka dari itu wajib hukumnya untuk mempelajari ajaran-ajaran Islam yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelaksanaan pendidikan Islam, sehingga pendidikan Islam menjadi salah satu alternative untuk menempuh pendidikan Islam yang mempelajari berbagai macam ajaran–ajaran agama Islam tentunya. Dalam penelitian ini peneliti ingin memebahas bagaimana poandangan masyarakat terhadap madrasah sebagai alternative pendidikan Islam yang telah terlakssana di dalam banyak daerah. Penelitian ini bersifat dekriptif dengan pendekatan melalui kualitatif. kemudian pengambilan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui kegiatan wawancara, pengamatan atau observasi dan telah dokumen yang telah diberikan izin oleh madrasah yang bersangkutan. |
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2021-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1098
|
|
Source |
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 164-177
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 164-177 2355-0104 2549-3833 10.31102/alulum.v8i2.2021 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1098/711
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Wina Khaerunisa, Amirudin Amirudin, Iqbal Amar Muzaki
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|