Implementasi Pendidikan Sebaya dalam Pembelajaran Kelompok Minat di TMI Al-Amien Prenduan
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Pendidikan Sebaya dalam Pembelajaran Kelompok Minat di TMI Al-Amien Prenduan
Implementasi Pendidikan Sebaya dalam Pembelajaran Kelompok Minat di TMI Al-Amien Prenduan |
|
Creator |
Abdul Munib, Amar Ma’ruf, Ach. Nurholis Majid, Abd Haris,
|
|
Description |
The success of schools as a sub-system of educational organizations can be seen from how the learning process can involve all components in education like teachers and student in onder to build good patterns of interaction. There are still many educational processes that are not in accordance with the real ideals of education today. There are still many teachers who underestimate the abilities of their students, as a result, many students or students whose abilities are still selected based on their respective intelligence. Thus, the process of transferring knowledge that should be running in education often experiences gaps between teachers and students. So the use of peers as tutors in learning can be an alternative to help students who experience learning difficulties if guided by their teacher. TMI Al-Amien Prenduan is an educational institution that implements peer education in the interest group learning sector. Learning language development, scouting, sports and so on are educational activities carried out by TMI Al-Amien Prenduan students with administrators (students in grades V and VI) as the tutors. This study will describe the models and methods of peer education applied in interest group learning at TMI Al-Amien Prenduan. The method used in this research is to use descriptive qualitative methods and case studies as the approach. Data collection techniques and data analysis techniques From this research, it can be concluded that peer education at TMI Al-Amien Prenduan is carried out by senior students in the learning process in extracurricular activities, including the development of foreign languages. Then the peer education method used at TMI Al-Amien Prenduan, especially in language development, is to provide practice questions regarding Arabic and English (at-Tamrin al-Lughawi), vocabulary enrichment (tazwidu al-mufradat), dialogue (hiwar ), and write papers in Arabic or English (insya ').
Keberhasilan sekolah sebagai sub sistem organisasi pendidikan dapat dilihat dari bagaimana proses pembelajaran dapat melibatkan segenap komponen yang ada dalam pendidikan, yaitu guru, anak didik agar bisa membangun pola interaksi yang baik. Ketimpang pendidikan dewasa ini, masih banyak proses pendidikan yang belum sesuai dengan cita-cita pendidikan yang sebenarnya. Masih banyak guru yang memandang kemampuan muridnya sebelah mata, akibatnya banyak murid ataupun siswa yang kemampuanya masih dipilih berdasarkan kecerdasan mereka masing-masing. Dengan demikian proses transfer ilmu yang seharusnya berjalan dalam pendidikan masih sering mengalami kesenjangan yang dilakukan oleh seorang guru kepada muridnya. Maka pemanfaatan teman sebaya sebagai tutor dalam belajar bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar jika dibimbing oleh gurunya. TMI Al-Amien Prenduan adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan sebaya dalam sektor prmbelajaran kelompok minat. Pembelajaran pegembangan bahasa, kepramukaan, olahraga dan lain sebagainya adalah kegiatan pendidikan yang dilaksanakan oleh santri TMI Al-Amien Prenduan dengan pengurus (santri kelas V dan VI) sebagai tutornya. Penelitian akan mendeskripsikan tentang model serta metode pendidikan sebaya yang diterapkan dalam pembelajaran kelompok minat di TMI Al-Amien Prenduan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus sebagai pendekatannya.teknik pengumpulan data dan Teknik analis data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan pendidikan sebaya yang ada di TMI Al-Amien Prenduan dilakukan oleh santri senior dalam proses pembelajaran yang ada di kegiatan ekstrakurikuler, termasuk pengembangan bahasa Asing. Metode pendidikan sebaya yang digunakan di TMI Al-Amien Prenduan khususnya dalam pengembangan kebahasaan adalah memberikan latihan-latihan soal berkenaan dengan bahasa Arab dan Inggris (at-Tamrin al-Lughawi), pengayaan kosa kata (tazwidu al-mufradat), dialog (hiwar), dan mengarang makalah berbahasa Arab atau Inggris (insya’). |
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2021-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1031
|
|
Source |
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 153-163
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 153-163 2355-0104 2549-3833 10.31102/alulum.v8i2.2021 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1031/707
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Amar Makruf
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|