KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERKUAT KARAKTER ETIKA LINGKUNGAN SISWA
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERKUAT KARAKTER ETIKA LINGKUNGAN SISWA
KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERKUAT KARAKTER ETIKA LINGKUNGAN SISWA |
|
Creator |
Syafrawi, Dewi Anggita Islami, Ruslan,
|
|
Description |
Perilaku peduli terhadap lingkungan terbilang minim, khususnya Indonesia. Adiwiyata sebagai sebuah program sekolah yang berarasumsi menciptakan kondisi lingkungan yang baik sekaligus menjadi tempat pembelajaran maupun tempat penyadaran warga sekolah untuk mendorong penyelamatan lingkungan yang pada akhirnya dapat menciptakan sekolah dengan wujud peduli serta berbudaya lingkungan. Namun, Pendidikan Agama Islam hadir tidak sekedar wacana bagaimana membentuk pribadi muda menjadi aset bangsa yang kompeten. Akan tetapi, bagaimana sosial masyarakat serta peduli lingkungan juga diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat karakter etika lingkungan di MA Al-Amien 1 Pragaan Kabupaten Sumenep, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat karakter etika lingkungan di MA Al-Amien 1 Pragaan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Amien 1 Pragaan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data penelitian menggunakan teori interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pembelajaran PAI dalam memperkuat karakter etika lingkungan siswa yakni dengan mengintegrasikan dan menyisipkan pendidikan karakter yang beretika lingkungan dalam semua pembelajaran termasuk PAI. Faktor pendukung yakni adanya sarana prasarana madrasah serta keaktifan dari para dewan guru pengasuh namun penghambatnya yakni kurang kerjasama antar pihak madrasah dengan masyarakat umum setempat.
Perilaku peduli terhadap lingkungan terbilang minim, khususnya Indonesia. Adiwiyata sebagai sebuah program sekolah yang berarasumsi menciptakan kondisi lingkungan yang baik sekaligus menjadi tempat pembelajaran maupun tempat penyadaran warga sekolah untuk mendorong penyelamatan lingkungan yang pada akhirnya dapat menciptakan sekolah dengan wujud peduli serta berbudaya lingkungan. Namun, Pendidikan Agama Islam hadir tidak sekedar wacana bagaimana membentuk pribadi muda menjadi aset bangsa yang kompeten. Akan tetapi, bagaimana sosial masyarakat serta peduli lingkungan juga diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat karakter etika lingkungan di MA Al-Amien 1 Pragaan Kabupaten Sumenep, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam memperkuat karakter etika lingkungan di MA Al-Amien 1 Pragaan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Amien 1 Pragaan Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data penelitian menggunakan teori interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pembelajaran PAI dalam memperkuat karakter etika lingkungan siswa yakni dengan mengintegrasikan dan menyisipkan pendidikan karakter yang beretika lingkungan dalam semua pembelajaran termasuk PAI. Faktor pendukung yakni adanya sarana prasarana madrasah serta keaktifan dari para dewan guru pengasuh namun penghambatnya yakni kurang kerjasama antar pihak madrasah dengan masyarakat umum setempat. |
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2021-02-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/998
10.31102/alulum.8.1.2021.43-55 |
|
Source |
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 8 No 1 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 43-55
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 1 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 43-55 2355-0104 2549-3833 10.31102/alulum.v8i1.2021 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/998/657
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Dewi Anggita Islami, Ruslan dan Syafrawi
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|