Record Details

PENERAPAN METODE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI

Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI
PENERAPAN METODE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI
 
Creator Hinggil Permana, Taufik Mustofa, Iqbal Amar Muzaki,
 
Description Researchers conducted class action research using team quiz model. This is done so that students can learn actively. After that, it is expected that after completing the learning with the application of team quiz model, researchers are aware of the improvement of students' cognitive learning outcomes at SDN Tenjolaya Cicalengka, especially grade IV. This research was conducted by class action (PTK) research method; i.e. efforts to improve the quality of learning in improving the quality of learning by performing practical actions as well as reflective. The process of collecting data with technical observation between teachers and students. A total of 28 students consisting of 14 female students and 14 male students of grade IV SDN Tenjolaya were the objects in this study. The results showed that the implementation of this Team quiz method was well organized. This can be seen from the increase in the average student's learning score in each cycle. With this team quiz method, in the first cycle the results (grades) learn the cognition of students at an average of 66, 25. In the second cycle the results (grades) of learning cognition of students increased significantly because it was suspected that the attitude of seriousness of students increased so that the average score of students obtained 82.67. Based on that, this team quiz method is considered suitable for use in PAI learning process.
Peneliti melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model team quiz. Hal ini dilakukan agar siswa dapat belajar secara aktif. Setelah itu diharapkan setelah selesai pembelajaran dengan penerapan model team quiz, peneliti mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa di SDN Tenjolaya Cicalengka khususnya kelas IV. Riset ini dilakukan dengan metode penelitian Tindakan kelas (PTK); yakni upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam memperbaiki kwalitas pembelajaran dengan melakukan tindakan praktis juga reflektif. Proses pengumpulan data dengan teknis observasi antara guru dan siswa. Sebanyak 28 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki kelas IV SDN Tenjolaya menjadi objek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Team quiz ini terselenggara dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata belajar siswa di tiap siklus. Dengan metode team quiz ini, pada siklus pertama hasil (nilai) belajar kognisi siswa di rata-rata 66, 25. Pada siklus dua hasil (nilai) belajar kognisi siswa meningkat signifikan karena ditengarai sikap kesungguhan siswa meningkat sehingga nilai rata-rata siswa diperoleh 82,67. Berdasarkan hal tersebut metode team quiz ini dinilai cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran PAI.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2021-02-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/979
 
Source Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 8 No 1 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 84-95
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 8 No 1 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman); 84-95
2355-0104
2549-3833
10.31102/alulum.v8i1.2021
 
Language ind
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/979/661
 
Rights Copyright (c) 2021 Hotni Sari harahap, Ahmad
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0