Evolusi Nilai dan Orientasi Lembaga Pendidikan Islam
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Evolusi Nilai dan Orientasi Lembaga Pendidikan Islam
|
|
Creator |
M. Sahibudin, Supandi, Ahmadi,
|
|
Description |
Pesantren layaknya rumah sakit, yang banyak menampung orang ‘sakit’. Begitu banyak orang yang butuh ketenangan jiwa. Untuk itu, pesantren sangat pas dan cocok mengobati tipe-tipe penyakit yang seperti itu. Inilah tujuan awal dibangunnya pesantren, pada masa "Wali Songo". Nuansa sufistik tidak akan pernah terlepas di dunia pesntren selama pola hidup santri tatap dalamkepatuhan dan kesederhanaan. Seiring perkembangan zaman, pesantren tidak hanya mengajarkan hal-hal vertikal (hubungannya dengan Tuhan), tapi juga mengajarkan ilmu sosial, sastra, dan budaya. Pesantren mulai terbuka dengan ilmu-ilmu modern. Hal inidapat merusak tradisi keilmuan pesantren, jika tidak segera diantisipasi dan dicarikan solusinya. Terbukti, ketertarikan santri terhadap ilmu keagamaan mulai menurun. Tulisan sederhana ini akan membahas problematika yang muncul di dunia pesantren, dandapat diambil benang merahnya sehingga pesantren tidak hanya sebatas nama, tapi tetap sesuai dengan tujuan dan rute operasionalnya.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2020-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/837
|
|
Source |
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman; 141-151
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman; 141-151 2355-0104 2549-3833 10.31102/alulum.v7i2.2020 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/837/568
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Ahmadi dan M. Sahibudin.pdf
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|