Record Details

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah

Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah
 
Creator heny, heny heny
 
Description Pendidikan Islam moderat menjadi salah satu jalan dalam membentengi siswa terhadap berbagai paham radikal.Pendidikan dan pengajaran tentang Islam moderat menjadi penting diberikan pada anak-anak yang belajar di bangku Madrasah Tsanawiyah sebagai bekal membangun pemahaman Islam yang penuh dengan toleransi dan kedamaian.Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana MTs Imam Syafi’i dan MTs. Nyai Hj. Ashfiyah mengembangakan kurikulum pendidikan Islam moderat di Lembaga masing-masing serta bagaimana penerapannya. Menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh data sebagai berikut :Pertama, pengembangan kurikulum pendidikan Islam moderat di kedua madrasah tersebut adalah dengan berpegang pada asas awal pendirian lembaga pendidikan yaitu berhaluan ahlussunnah wal jama’ah dengan berpegang pada organisasi nahdlatul ulama’.Sementara penerapan kurikulum pendidikan Islam moderatnya dengan pengajaran dan pembiasaan.
Pendidikan Islam moderat menjadi salah satu jalan dalam membentengi siswa terhadap berbagai paham radikal.Pendidikan dan pengajaran tentang Islam moderat menjadi penting diberikan pada anak-anak yang belajar di bangku Madrasah Tsanawiyah sebagai bekal membangun pemahaman Islam yang penuh dengan toleransi dan kedamaian.Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana MTs Imam Syafi’i dan MTs. Nyai Hj. Ashfiyah mengembangakan kurikulum pendidikan Islam moderat di Lembaga masing-masing serta bagaimana penerapannya. Menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh data sebagai berikut :Pertama, pengembangan kurikulum pendidikan Islam moderat di kedua madrasah tersebut adalah dengan berpegang pada asas awal pendirian lembaga pendidikan yaitu berhaluan ahlussunnah wal jama’ah dengan berpegang pada organisasi nahdlatul ulama’.Sementara penerapan kurikulum pendidikan Islam moderatnya dengan pengajaran dan pembiasaan.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2020-07-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/743
 
Source Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman; 165-179
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman; 165-179
2355-0104
2549-3833
10.31102/alulum.v7i2.2020
 
Language ind
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/743/570
 
Rights Copyright (c) 2020 Heni Listiana, Supandi.pdf
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0