Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah |
|
Creator |
heny, heny heny
|
|
Description |
Pendidikan Islam moderat menjadi salah satu jalan dalam membentengi siswa terhadap berbagai paham radikal.Pendidikan dan pengajaran tentang Islam moderat menjadi penting diberikan pada anak-anak yang belajar di bangku Madrasah Tsanawiyah sebagai bekal membangun pemahaman Islam yang penuh dengan toleransi dan kedamaian.Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana MTs Imam Syafi’i dan MTs. Nyai Hj. Ashfiyah mengembangakan kurikulum pendidikan Islam moderat di Lembaga masing-masing serta bagaimana penerapannya. Menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh data sebagai berikut :Pertama, pengembangan kurikulum pendidikan Islam moderat di kedua madrasah tersebut adalah dengan berpegang pada asas awal pendirian lembaga pendidikan yaitu berhaluan ahlussunnah wal jama’ah dengan berpegang pada organisasi nahdlatul ulama’.Sementara penerapan kurikulum pendidikan Islam moderatnya dengan pengajaran dan pembiasaan.
Pendidikan Islam moderat menjadi salah satu jalan dalam membentengi siswa terhadap berbagai paham radikal.Pendidikan dan pengajaran tentang Islam moderat menjadi penting diberikan pada anak-anak yang belajar di bangku Madrasah Tsanawiyah sebagai bekal membangun pemahaman Islam yang penuh dengan toleransi dan kedamaian.Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana MTs Imam Syafi’i dan MTs. Nyai Hj. Ashfiyah mengembangakan kurikulum pendidikan Islam moderat di Lembaga masing-masing serta bagaimana penerapannya. Menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh data sebagai berikut :Pertama, pengembangan kurikulum pendidikan Islam moderat di kedua madrasah tersebut adalah dengan berpegang pada asas awal pendirian lembaga pendidikan yaitu berhaluan ahlussunnah wal jama’ah dengan berpegang pada organisasi nahdlatul ulama’.Sementara penerapan kurikulum pendidikan Islam moderatnya dengan pengajaran dan pembiasaan. |
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2020-07-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/743
|
|
Source |
Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman; Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman; 165-179
Jurnal Al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke-Islaman; Vol 7 No 2 (2020): al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman; 165-179 2355-0104 2549-3833 10.31102/alulum.v7i2.2020 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/743/570
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Heni Listiana, Supandi.pdf
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|