Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Attaqwa Kabupaten Bekasi
Wacana Didaktika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Attaqwa Kabupaten Bekasi
|
|
Creator |
Supandi, Agus
|
|
Description |
One of the attractions for students is if the teacher can use good and pleasant methods. One such method is Snowball Throwing. The research aims to improve social studies learning outcomes of Attaqwa Middle School students in Bekasi Regency through the Snowball throwing learning method. This study uses classroom action research. The sample is class VII students at Attaqwa Middle School Bekasi. The researcher conducted two cycles in applying this method. Based on the results of the study showed that the completeness of the student group in cycle 1 was 86%, which was up 36% compared to pre-action, whereas in cycle 2 the completeness of students became 97%, which was up 11% compared to cycle 1 and up 47% compared to pre action. It can be concluded that the application of the Snowball Throwing method can improve social studies learning outcomes of Grade VII students at Attaqwa Middle School, Bekasi Regency. Keywords : Method, Snow Ball Throwing, learning Outcomes Abstrak Salah satu daya tarik bagi siswa, ialah jika guru dapat menggunakan metode yang baik dan menyenangkan. Salah satu metode tersebut adalah Snowball Throwing. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SMP Attaqwa Kabupaten Bekasi melalui metode pembelajaran Snowball throwing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sampel merupakan siswa kelas VII di SMP Attaqwa Bekasi. Peneliti melakukan dua siklus dalam penerapan metode ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan kelompok siswa pada siklus 1 sebesar 86%, yaitu naik 36% dibandingkan dengan pra tindakan, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan siswa menjadi 97%, yaitu naik 11% dibandingkan dengan siklus 1 dan naik 47% jika dibandingkan dengan pra tindakan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Attaqwa Kabupaten Bekasi. Abstrak: Pendidikan merupakan dasar pengembangan ilmu. Siswa akan mendapat pengetahuan yang bermutu,jika dalam penyajiannya dilaksanakan dengan baik dan menarik. Salah satu daya tarik bag siswa,ialah jika guru dapat memnguunkan metode yang baik dan menyenangkan. Salah satu metode terebut adalah Snow Ball Throwing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sampel diambil di SMP Attaqwa Bekasi. Peneliti melakukan dua siklus dalam penerapan metode ini. Hasil penelitian mennjukan kenaikan sebesar 36 % pada siklus 1 dan 11 % pada siklus 2. |
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2018-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/213
10.31102/wacanadidaktika.6.01.68-75 |
|
Source |
Wacana Didaktika; Vol 6 No 01 (2018): Juni 2018; 68-75
2579-8464 2337-9820 10.31102/wacanadidaktika.6.01 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/213/356
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Agus Supandi
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|