Record Details

Menggali Pemahaman Awal Mahasiswa Tingkat I Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Instrumen Two Tier

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Menggali Pemahaman Awal Mahasiswa Tingkat I Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Instrumen Two Tier
 
Creator Wijayadi, Andri Wahyu
 
Description Analisis pemahaman awal mahasiswa sebelum mengajarkan konsep kimia sangat penting untuk menentukan stategi yang tepat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman awal dan kesalahan konsep mahasiswa tingkat I pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang melibatkan satu kelompok subjek. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik two tier yang terdiri dari 25 item soal. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan cara mentabulasikan jawaban subjek penelitian pada masing-masing item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa tingkat I pada materi laju reaksi tergolong pada kategori sedang dan kesalahan konsep yang ditemukan yaitu katalis meningkatkan energi aktivasi sehingga meningkatkan laju reaksi, orde reaksi reaktan ditentukan dari koefisien reaktan pada kondisi persamaan reaksi telah setara, persamaan laju reaksi berbanding lurus dengan konsentrasi reaktan dipangkatkan koefisien masing-masing, dan satuan tetapan laju reaksi adalah M/detik karena menyatakan perubahan konsentrasi tiap satuan waktu.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2017-12-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/159
10.31102/wacanadidaktika.5.02.172-180
 
Source Wacana Didaktika; Vol 5 No 02 (2017): Desember 2017; 172-180
2579-8464
2337-9820
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/159/123
 
Rights Copyright (c) 2017 Andri Wahyu Wijayadi
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0