Record Details

Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Narasi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Angkatan 2014-2015 Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Narasi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Angkatan 2014-2015 Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
 
Creator Widiyarto, Sigit
 
Description Bahasa Indonesia merupakan aset yang sangat strategis di Indonesia. Selain menjadi bahasa pemersatu bangsa, bangsa Indonesia menjadi daya tarik bangsa lain. Bahasa Indonesia harus dilestarikan terus menerus. Apalagi bagi siswa yang menjadi generasi penerus bangsa. Siswa diharapkan menjadi generasi yang peduli dengan bahasa indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan bahasa dalam esai siswa program studi Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa. Hasil penelitian ini, adanya kesalahan yang ketidaklengkapan kalimat dalam penulisan narasi siswa, misaligned kalimat dalam penulisan naratif dan kesatuan gagasan dalam penulisan naratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu (1) identifikasi, yaitu melakukan identifikasi kesalahan bahasa dalam esai tentang perjalanan siswa sesuai dengan rumusan masalah dan kemudian mengkodekan data yang telah ditemukan, ( 2) kategorisasi, Pengelompokan data sesuai dengan kategori spesifik yang telah ditemukan dari aspek ejaan, pilihan kata, dan kalimat, (3) penyajian data, yang menampilkan data lebih sederhana dalam bentuk tabel dan persentase untuk ditafsirkan dalam Bentuk narasi dan dijelaskan ke dalam penjelasan sesuai dengan berbagai konsep terkait dengan hasil analisis, dan (4) menarik kesimpulan, yaitu kegiatan menyimpulkan data yang telah diidentifikasi dan dikategorikan sesuai rumusan masalah. Validitas data digunakan untuk mendapatkan data dan kesimpulan yang valid sebagai karya ilmiah. Validitas data diperoleh melalui dua teknik, yaitu kegiatan pemeriksaan ahli dan pengecekan teori. Hasil analisis menunjukan bahwa mahasiswa masih melakukan kesalahan tulisan dalam hal kesejajaran kalimat  tulisan narasi, kesalahan kesatuan gagasan dalam tulisan narasi, kesatuan gagasan dalam tulisan narasi dan bentuk kesalahan kesatuan gagasan dalam tulisan narasi
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2017-12-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/154
10.31102/wacanadidaktika.5.02.143-150
 
Source Wacana Didaktika; Vol 5 No 02 (2017): Desember 2017; 143-150
2579-8464
2337-9820
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/154/120
 
Rights Copyright (c) 2017 Sigit Widiyarto
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0