Record Details

Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah
 
Creator Aqil, Deden Ibnu
 
Description Perkembangan Sains dan teknologi dewasa ini menuntut manusia terus berkembang menyesuaikan diri  dalam segala aspek kehidupan. Salah satu aspeknya adalah aspek pendidikan yang sangat menentukan maju dan mundurnya suatu bangsa. Pendidikan sains memiliki peran yang penting dalam menyiapkan anak bangsa memasuki dunia kehidupannya. Pendidikan sains memiliki peranan strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi era globalisasi ini. Potensi ini akan dapat terwujud jika pendidikan sains mampu melahirkan siswa yang cakap dalam bidangnya dan berhasil menumbuhkan kemampuan berpikir logis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, bersifat kritis, menguasai teknologi serta adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman. Literasi sains merupakan tolak ukur keberhasilan  pembelajaran sains di sekolah. Dalam proses pencapaian itu diperlukan bahan ajar yang mengedepankan aspek proses seperti body of knowledge, way of think, way of investigating, interaction of social  science and technologi. Dengan mengedepankan aspek-aspek ini dalam buku pembelajaran sains, khususnya buku ajar biologi maka pembelajaran sains biologi di sekolah menjadi lebih baik.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2017-12-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/150
10.31102/wacanadidaktika.5.02.160-171
 
Source Wacana Didaktika; Vol 5 No 02 (2017): Desember 2017; 160-171
2579-8464
2337-9820
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/150/125
 
Rights Copyright (c) 2017 Deden Ibnu Aqil
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0