Record Details

Pengembangan Karier Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah Penjaringan Jakarta Utara

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Karier Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah Penjaringan Jakarta Utara
 
Creator As'ad, Asad
 
Description Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ifadah  berlokasi di kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Merupakan sekolah formal yang memadukan  kurikulum agama dan materi pengetahuan umum. Madrasah yang berdiri sejak tahun 1995 berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. yang merupakan harapan masyarakat di lingkungan sekolah dalam memberikan pendidikan bagi anak-akanya. Banyak keterbatasan dan kekurangan di sekolah tersebut baik dari faktor internal  maupun eksternal sekolah. Kendala tersebut tidak membuat Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah kalah bersaing dengan sekolah lain setingkatnya, justru banyak prestasi diraih. Selain prestasi akademik, pengembangan karier guru di sekolah tersebut cukup efektif dan optimal. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study). Pengumpulan data diperoleh  dengan mewawancarai Kepala sekolah sebagai narasumber utama (key informan), guru senior sebagai pelaku sejarah, dan stakehorders sekolah sebagai penguatan dalam pengambilan data. Hasil temuan menunjukkan bahwa ada dua program yang cukup efektif dalam pengembangan karier guru di MI Al-Ifadah 1) peningkatan pendidikan guru dari jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas hingga Perguruan Tinggi Program Stata Satu hingga program Pasca Sarjana. 2) Pelatihan,  dalam  workshop atau rapat kerja sekolah yang dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru, pelatihan baik internal maupun eksternal sekolah merupakan salah satu agenda pembahasan yang pendapatkan perhatian dan salah satu program unggulan sekolah.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2017-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/144
10.31102/wacanadidaktika.5.01.36-47
 
Source Wacana Didaktika; Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017; 36-47
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v5i01
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/144/111
 
Rights Copyright (c) 2017 As'ad As'ad
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0