Record Details

Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan IPA Angkatan 2015 Pada Perkuliahan Gelombang-Optik Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan IPA Angkatan 2015 Pada Perkuliahan Gelombang-Optik Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw
 
Creator Af'idah, Noer
 
Description Peningkatan aktivitas dan kemampuan kognitif hasil belajar mahasiswa dilakukan dengan menerapkan metode cooperative learning tipe Jigsaw pada perkuliahan gelombang-optik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, siklus II merupakan penguatan dari siklus I. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan IPA angkatan 2015. Instrumen Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat, peneliti menggunakan alat pengumpul data berupa tes dan nontes. Tes butir soal atau penugasan untuk memperoleh gambaran hasil belajar mahasiswa tentang kemampuan memahami, menerapkan teori dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan. Alat pengumpul data yang berupa nontes dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan membandingkan prosentase tingkat keaktivan mahasiswa danĀ  nilai rata-rata hasil tes kemampuan kognitif mahasiswa pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktivan mahasiswa pada setiap siklus, dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan kognitif mahasiswa mengalami peningkatan dari 72,6 pada saat pre-tes menjadi 76,9 pada siklus I dan pada saat siklus II menjadi 80. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan kognitif mahasiswa.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2016-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/104
10.31102/wacanadidaktika.4.2.117-132
 
Source Wacana Didaktika; Vol 4 No 2 (2016): Desember 2016; 117-132
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/104/68
 
Rights Copyright (c) 2016 Noer Af'idah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0