Penerapan Model Kooperatif CIRC Disertai Metode Two Stay Two Stray Pada Pokok Bahasan Jagad Raya Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di MA Al Falah Sampang
Wacana Didaktika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Model Kooperatif CIRC Disertai Metode Two Stay Two Stray Pada Pokok Bahasan Jagad Raya Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di MA Al Falah Sampang
|
|
Creator |
Kholida, S. Ida
|
|
Description |
Menerapkan model dan metode yang tepat, dapat mengatasi rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas XII MA Al-Falah Sampang, dimana juga terdapat permasalahan yaitu kurang aktifnya siswa, kurangnya berdiskusi,Tanya jawab dan kurang berinteraksi dengan teman dalam menerima pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas XII MA AL-Falah Sampang dengan diterapkannya model kooperatif CIRC dengan metode two stay two stray. (2). Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII MA Al-Falah Sampang tahun pelajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa dari Siklus I sampai Siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan persentase yaitu, Siklus I (67%), Siklus II (86,67%), Siklus III (93,33%) dan aktivitas siswa sangat antusias di mana dapat dilihat di lampiran aktivitas siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif CIRC dengan metode two stay two stray dapat menuntaskan hasil belajar fisika dan aktivitas siswa kelas XII MA Al-Falah sampan pada pokok bahasan jagad raya.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2016-12-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/91
10.31102/wacanadidaktika.4.2.133-140 |
|
Source |
Wacana Didaktika; Vol 4 No 2 (2016): Desember 2016; 133-140
2579-8464 2337-9820 10.31102/wacanadidaktika.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/91/62
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 S. Ida Kholida
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|