Record Details

Perbandingan Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Cooperative Script Dalam Memberdayakan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perbandingan Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Cooperative Script Dalam Memberdayakan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah
 
Creator Maharani, Shefa Dwijayanti
 
Description Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan potensi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Cooperative Script (CS) dalam memberdayakan retensi hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh pada saat pascates dan tes retensi dianalisis secara statistik menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tidak berbeda secara signifikan dalam memberdayakan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah. Dengan demikian, maka strategi pembelajaran RT maupun CS memiliki potensi yang sama untuk menolong siswa berkemampuan akademik rendah dalam memberdayakan retensi hasil belajarnya.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2016-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/88
10.31102/wacanadidaktika.4.2.171-182
 
Source Wacana Didaktika; Vol 4 No 2 (2016): Desember 2016; 171-182
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/88/88
 
Rights Copyright (c) 2016 Shefa Dwijayanti Maharani
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0