Perbandingan Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Cooperative Script Dalam Memberdayakan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah
Wacana Didaktika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Perbandingan Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Cooperative Script Dalam Memberdayakan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah
|
|
Creator |
Maharani, Shefa Dwijayanti
|
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan potensi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Cooperative Script (CS) dalam memberdayakan retensi hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh pada saat pascates dan tes retensi dianalisis secara statistik menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tidak berbeda secara signifikan dalam memberdayakan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah. Dengan demikian, maka strategi pembelajaran RT maupun CS memiliki potensi yang sama untuk menolong siswa berkemampuan akademik rendah dalam memberdayakan retensi hasil belajarnya.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2016-12-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/88
10.31102/wacanadidaktika.4.2.171-182 |
|
Source |
Wacana Didaktika; Vol 4 No 2 (2016): Desember 2016; 171-182
2579-8464 2337-9820 10.31102/wacanadidaktika.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/88/88
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Shefa Dwijayanti Maharani
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|