Record Details

Perbandingan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Antara Siswa Berkemampuan Akademik Tinggi dan Rendah

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perbandingan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Antara Siswa Berkemampuan Akademik Tinggi dan Rendah
 
Creator Antika, Linda Tri
 
Description Penerimaan siswa baru SMA di Indoensia pada umumnya berdasarkan sistem Passing Grade Nilai Ujian Nasional. Efek dari sistem tersebut adalah terjadi polarisasi, yakni adanya sekolah kemampuan akademik tinggi dan sekolah kemampuan akademik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah pada mata pelajaran biologi menggunakan strategi PBL. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group    Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa SMA di Malang semester I pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-1 SMA Negeri 9 Malang yang terdiri atas 35 siswa dan kelas X SMA Darul Ulum Agung Malang yang terdiri atas 16 siswa.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan akademik tinggi memiliki nilai keterampilan metakognitif 56,42% lebih tinggi dibandingkan nilai siswa berkemampuan akademik rendah, dan (2) siswa berkemampuan akademik tinggi memiliki nilai hasil belajar 79,31% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan akademik rendah.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2016-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/82
10.31102/wacanadidaktika.4.2.183-192
 
Source Wacana Didaktika; Vol 4 No 2 (2016): Desember 2016; 183-192
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/82/91
 
Rights Copyright (c) 2016 Linda Tri Antika
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0