Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika SMK

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika SMK
 
Creator Insany, Yenny Agustine Shovia
 
Description Masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya hasil belajar siswa, yakni hanya 3-4 orang siswa yang mampu menerima penjelasan guru dengan baik, pengajaran berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif, tingkat rasa percaya diri siswa untuk saling mengemukakan pendapat masih sedikit, interaksi antar siswa kurang. Hal itu menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMK/Sederajat di Pamekasan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA A dan kelas XI IPA B, kelas XI IPA A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan kelas XI IPA B sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil observasi data penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis (uji t). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen, uji hipotesis (uji t) HI diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis pengamatan pembelajaran pada kedua kelas diperoleh rerata persentase yaitu pada kelas eksperimen 90,6% dan kelas kontrol 87,5%, proses keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas berlangsung dengan baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh 73,2%, kelas kontrol sebesar 61,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMK/Sederajat di Pamekasan tahun ajaran 2015/2016.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2016-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/80
10.31102/wacanadidaktika.4.1.73-77
 
Source Wacana Didaktika; Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016; 73-77
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/80/46
 
Rights Copyright (c) 2016 Yenny Agustine Shovia Insany
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0