Record Details

Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika SMA Negeri 1 Galis

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika SMA Negeri 1 Galis
 
Creator Umamah, Chairatul
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui  apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa SMA pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan penggunaan media animasi dengan kelas yang hanya diterapkan model pembelajaran GI tanpa penggunaan media animasi. Sampel pada penelitian ini  terdiri dari dua kelas, dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran GI dengan media anaimasi sebagai kelas eksperimen, dan kelas yang diberi perlakuan hanya menggunakan model pembelajaran GI sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara diantaranya wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Melalui serangkaian uji statistik terhadap data ∆ (selisih nilai tes akhir dengan tes awal) diperoleh suatu pembuktian hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar fisika siswa (Thit =0,03 dan Ttabel = 0,05).  Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi dalam penggunaan  model pembelajaran GI terhadap hasil belajar Fisika siswa.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2016-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/72
10.31102/wacanadidaktika.4.1.65-72
 
Source Wacana Didaktika; Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016; 65-72
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/72/48
 
Rights Copyright (c) 2016 Chairatul Umamah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0