Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 4 Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017
Wacana Didaktika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 4 Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017
|
|
Creator |
Kamariyah, El-Indahnia
|
|
Description |
Berdasarkan hasil wawancara yang terbatas dengan sebagian guru fisika SMA di Kabupaten Pamekasan, menunjukkan bahwa hasil belajar fisika sisiwa sangat rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, terbukti ketika menjelang ujian akhir sekolah, yang menyatakan nilai ujiannya sangat rendah dan masih di bawah 60%, diantaranya lagi: siswa kurang antusias dalam menyimak, daya analisisnya rendah, sehingga yang terjadi siswa tidak pernah merumuskan permasalahan sendiri. Berdasarkan uraian tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran fisika sub pokok bahasan Hukum Gravitasi Newton kelas X IPA SMAN 4 Pamekasan. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 64 orang, yaitu 32orang kelas XMIPA03 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, dan 32 orang kelas XMIPA04 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 20 tes pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasy Exprimental Designe). Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Pada pretest, kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 53,437dan kelas kontrol mendapatkan nilai 43,125. Sedangkan pada posttest, kelas eksperimen mendapatkan nilai 81,25 dan kelas kontrol mendapatkan nilai 61,25. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa data dari kelas kontrol maupun kelas eksperimen berdistribusi normal. Pada uji homogenitas didapat bahwa nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol bersifat homogen,. Selanjutnya data-data tersebut dapat dilanjutkan analisisnya yaitu uji-t Hipotesis. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6.753 sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 0,000 karena thitung > ttabel Dengan taraf signifikansi 5%., hasil ini dapat diintepretasikan bahwa Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 4 Pamekasan.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2017-12-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/69
10.31102/wacanadidaktika.5.02.181-188 |
|
Source |
Wacana Didaktika; Vol 5 No 02 (2017): Desember 2017; 181-188
2579-8464 2337-9820 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/69/121
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 El Indahnia Kamariyah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|