Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA
Wacana Didaktika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA
|
|
Creator |
Budiyono, Agus
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang besarnya pengaruh dan peningkatan kemampuan berargumentasi siswa SMA melalui pembelajaran model argument-based science inquiry. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Pamekasan Jawa Timur, sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 34 siswa yang dipilih secara acak kelas. Penelitian ini menggunakan instrument tes kemampuan berargumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan effect size dan N-gain. Hasil penelitian diperoleh nilai effect size sebesar 5,80 yang berarti model pembelajaran ABSI berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan berargumentasi siswa, serta nilai <g> sebesar 0,85 atau peningkatan kemampuan berargumentasi siswa berada pada kategori tinggi.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2016-06-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/66
10.31102/wacanadidaktika.4.1.84-93 |
|
Source |
Wacana Didaktika; Vol 4 No 1 (2016): Juni 2016; 84-93
2579-8464 2337-9820 10.31102/wacanadidaktika.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/66/44
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Agus Budiyono
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|