Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran GI Dengan Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika

Wacana Didaktika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran GI Dengan Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika
 
Creator Andi, Herman Jufri
Handayani, Susriyana Mery
 
Description Penguasaan konsep fisika siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, hal ini terjadi karena kurangnya pengembangan pola pikir siswa. Siswa distimulasi untuk melakukan praktikum tetapi tidak mampu memahami materi secara mendalam. Prosedur penyelesaian diberikan secara rinci dan tidak ada proses investigasi dalam menemukan konsep fisika. Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa yang didalamnya terdapat scaffolding dan instrumen pengukuran berupa tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2015-12-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/35
10.31102/wacanadidaktika.3.2.159-169
 
Source Wacana Didaktika; Vol 3 No 2 (2015): Desember 2015 (Versi Cetak); 159-169
2579-8464
2337-9820
10.31102/wacanadidaktika.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/35/27
 
Rights Copyright (c) 2015 Herman Jufri Andi, Susriyana Mery Handayani
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0