Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Zeta - Math Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
 
Creator irfan, irfan
 
Description ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan, matematika berperan dalam melatih logika dan nalar, melatih berpikir sistematis, melatih berpikir obyektif, melatih ketelitian, dan melatih kesabaran dan disiplin. Pembelajaran Matematika membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk melatih logika dan nalar. Untuk melatih logika dan nalar pada pembelajaran matematika dibutuhkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini di dukung dari data hasil PISA tahun 2018 untuk bidang studi matematika, Indonesia menempati urutan ke-62 dari 70 negara yang berpartisipasi. Data tersebut perlu adanya pembenahan dalam pembelajaran matematika khususnya dalam kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengasah kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Setelah mengumpulkan data dan menganalisa data dengan menggunakan rumus uji hipotesis dengan menggunaka uji regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS versi 2.0. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Populasi data berdistribusi normal, 2) Data berasal dari populasi yang homogen, 3) Model pembelajaran Scramble cukup berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, kemampuan berpikir kritis
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2020-11-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/940
10.31102/zeta.2020.5.1.26-31
 
Source Zeta - Math Journal; Vol 5 No 1 (2020): November 2020; 26-31
2579-5864
2459-9948
10.31102/zeta.v5i1
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/940/622
 
Rights Copyright (c) 2020 irfan irfan
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0