Record Details

Penerapan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Website Moodle untuk Menilai Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik

Zeta - Math Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Website Moodle untuk Menilai Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik
 
Creator Rifa'i, Mohammad
 
Description Penelitian ini didasarkan pada nilai kalkulus mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik yang rendah dibandingkan dengan mata kuliah lainnya, untuk itu perlu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan media berbasis website moodle adalah salah satu alternatif untuk membuat pengalaman dan keberagaman pembelajaran kalkulus menjadi lebih berbeda.Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan media pembelajaran kalkulus berbasis website moodle untuk menilai aktivitas dan hasil belajar mahasiswa selama menggunakan media tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pre-experimental dengan model one grup pre and post test. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menilai mahasiswa dalam hal aktivitas belajar menggunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar dinilai berdasarkan instrumen lembar penilaian hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan pada analisis aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan bahwa sebanyak 54 % mahasiswa masuk kategori cukup, 29 % kategori baik, dan 17% kategori sangat baik. Kemudian setelah diberi perlakuan kategori baik sebesar 63% dan sangat baik sebesar 37%. Sedangkan, pada penilaian hasil belajar terjadi perbaikan prosentase ketuntasan, dari prosentase 42% menjadi 100 % mahasiswa dinyatakan tuntas atau lulus. Berdasarkan hasil tersebut dapat diindikasikan bahwa pembelajaran kalkulus menggunakan media pembelajaran website moodle sangat bermanfaat untuk proses dan hasil pembelajaran
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2019-11-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/631
10.31102/zeta.2019.4.2.50-54
 
Source Zeta - Math Journal; Vol 4 No 2 (2019): November 2019; 50-54
2579-5864
2459-9948
10.31102/zeta.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/631/472
 
Rights Copyright (c) 2019 Mohammad Rifa'i
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0