Pemanfaatan TIK Guna Menunjang Karakter Kemandirian dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model MMP
Zeta - Math Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemanfaatan TIK Guna Menunjang Karakter Kemandirian dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model MMP
|
|
Creator |
Faroh, Nailil
|
|
Description |
Pada kurikulum 2013 pelajaran TIK dihilangkan dan terintegrasi pada setiap mata pelajaran. Ini menjadi tantangan bagi guru matematika supaya kompetensi TIK siswa tetap ditanamkan di sekolah meskipun pelajaran TIK telah dihilangkan.Skenario pemanfaatan TIK dengan model Missouri Mathematics Project yaitu siswa diberi tugas terstruktur dengan memanfaatkan TIK pada setiap pertemuan, supaya kemandirian belajar dan pemecahan masalah siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, implemetasi perangkat pembelajaran yang praktis dan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall (1983). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, buku siswa, LKS, dan TKPM.Kevalidan perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan validasi tim ahli dan teman sejawat. Kepraktisan diperoleh dari penerapan perangkat pembelajaran pada kelas terbatas dengan mengamati kemampuan guru mengelola kelas dan melihat respon siswa terhadap pembelajaran. Keefektifan pembelajaran didapatkan dengan melakukan ujicoba perangkat pada kelas eksperimen yaitu pada kelas VIIIB SMP Nurul Islam Semarang.Cara pengambilan data dengan dokumen, angket, observasi, wawancara, dan tes.Pengolahan data uji efektifitas dengan uji ketuntasan, uji pengaruh, uji banding, dan uji peningkatan.Hasil penelitian menunjukkan:(1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor silabus 4.13, RPP 4.13, Buku Siswa 4.15, LKS 4.13, dengan skor tertinggi 5 sedangkan TKPM memenuhi kriteria valid; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis karena respon positif siswa83,10 % dan skor kemampuan guru mengelola kelas 4,26 dari skor tertinggi 5; (3) pembelajaran matematika dinyatakan efektif karena rataan hasil kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 77,33 melebihi KKM=70, rataan kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y ̂=30,072+5,439x_1+8,753x_2 dengan nilai pengaruh 79%, serta terdapat peningkatan kemandirian belajar, keterampilan pemecahan masalah, dan kemampuan pemecahan masalah.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2017-05-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/41
10.31102/zeta.2017.3.1.22-26 |
|
Source |
Zeta - Math Journal; Vol 3 No 1 (2017): Mei 2017; 22-26
2579-5864 2459-9948 10.31102/zeta.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/41/33
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Nailil Faroh
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|