Record Details

Mengelompokkan Siswa Berprestasi Akademik dengan Menggunakan Metode K Means Kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Pancoran Kadur

Zeta - Math Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mengelompokkan Siswa Berprestasi Akademik dengan Menggunakan Metode K Means Kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Pancoran Kadur
 
Creator Jannah, Nur
Yulianto, Tony
 
Description Pengelompokan atau lazim di kenal dengan grouping didasarkan atas pandangan bahwa disamping peserta didik tersebut mempunyai kesamaan, dan juga mempunyai perbedaan. Pengelompokan bukan hanya melihat dari hasil akhir rapor semester i dan semester ii akan tetapi juga dilihat dari nilai kognitif, psikomotorik dan afektif selama proses belajar berlangsung. Proses pengelompokkan siswa berprestasi untuk mempermudah dalam proses belejar mengajar. Melaksanakan pengelompkan siswa berprestasi masih belum maksimal karena kemampuan siswa tersebut tidak hanya diukur dari rapor terakhir saja, melainkan nilai kognitif, psikomotorik dan afektifnya. Berikut nilai tes terakhir untuk menambah keakuratan data. Pengelompokan dari 30 siswa dengan kriteria pembobot pintar, sedang, dan tidak pintar. Untuk itu diperlukan solusi yang dapat mengatasi kesulitan tersebut. Metode clustering dengan menggunakan algoritma k means diimplementasikan dalam aplikasi ini., juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan kemampuan setelah mengikuti belajar siswa. Dari hasil dan pembahasan dapat diperoleh hasil dari validasinya data valid ada 33.3333% sedangkan data tidak valid ada 66.6667%.
 
Publisher Universitas Islam Madura
 
Date 2016-11-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/17
10.31102/zeta.2016.2.2.41-45
 
Source Zeta - Math Journal; Vol 2 No 2 (2016): November 2016; 41-45
2579-5864
2459-9948
10.31102/zeta.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/17/16
 
Rights Copyright (c) 2016 Nur Jannah, Tony Yulianto
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0