Mengelompokkan Siswa Berprestasi Akademik dengan Menggunakan Metode K Means Kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Pancoran Kadur
Zeta - Math Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Mengelompokkan Siswa Berprestasi Akademik dengan Menggunakan Metode K Means Kelas VII MTs Hidayatul Mubtadi’in Pancoran Kadur
|
|
Creator |
Jannah, Nur
Yulianto, Tony |
|
Description |
Pengelompokan atau lazim di kenal dengan grouping didasarkan atas pandangan bahwa disamping peserta didik tersebut mempunyai kesamaan, dan juga mempunyai perbedaan. Pengelompokan bukan hanya melihat dari hasil akhir rapor semester i dan semester ii akan tetapi juga dilihat dari nilai kognitif, psikomotorik dan afektif selama proses belajar berlangsung. Proses pengelompokkan siswa berprestasi untuk mempermudah dalam proses belejar mengajar. Melaksanakan pengelompkan siswa berprestasi masih belum maksimal karena kemampuan siswa tersebut tidak hanya diukur dari rapor terakhir saja, melainkan nilai kognitif, psikomotorik dan afektifnya. Berikut nilai tes terakhir untuk menambah keakuratan data. Pengelompokan dari 30 siswa dengan kriteria pembobot pintar, sedang, dan tidak pintar. Untuk itu diperlukan solusi yang dapat mengatasi kesulitan tersebut. Metode clustering dengan menggunakan algoritma k means diimplementasikan dalam aplikasi ini., juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan kemampuan setelah mengikuti belajar siswa. Dari hasil dan pembahasan dapat diperoleh hasil dari validasinya data valid ada 33.3333% sedangkan data tidak valid ada 66.6667%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Madura
|
|
Date |
2016-11-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/17
10.31102/zeta.2016.2.2.41-45 |
|
Source |
Zeta - Math Journal; Vol 2 No 2 (2016): November 2016; 41-45
2579-5864 2459-9948 10.31102/zeta.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/17/16
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Nur Jannah, Tony Yulianto
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|