Record Details

PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AREA DENGAN MODEL BERBASIS KLASIKAL DI USIA TAMAN KANAK-KANAK

Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AREA DENGAN MODEL BERBASIS KLASIKAL DI USIA TAMAN KANAK-KANAK
 
Creator S.Psi, Mulusi
Wardianto, M.
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemandirian anak antara model pembelajaran berbasis area dengan model pembelajaran berbasis klasikal di usia Taman Kanak-kanak. Metode survey digunakan dalam penelitian ini, menggunakan skala kemandirian anak yang diisi oleh orangtua anak.Populasi penelitian ini 70 anak dengan pendidikan berbasis klasikal di PAUD Pratiwi Sukorejo, dan 67 anak denganpendidikan berbasis area di PAUD Ma’arif 01 Sukorejo.Pengambilan sampel tehnik Purporsive Non Random sampling.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t-antar kelompok. Hasil analisa data menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan rata-rata kemandirian anak antara model pembelajaran area dengan model pembelajaran klasikal (uji-t = 10,45844595 dengan t-tabel 1% = 2,660, t-hitung ≥ t-tabel 1%)
 
Publisher Ilmu Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan
 
Date 2013-09-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1117
 
Source 2715-6206
2088-0634
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1117/983
 
Rights Copyright (c) 2017 JURNAL PSIKOLOGI