Record Details

Pengintegrasian Bimbingan Karier dalam Pelajaran IPS Kelas Tiga Sekolah Dasar

Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengintegrasian Bimbingan Karier dalam Pelajaran IPS Kelas Tiga Sekolah Dasar
 
Creator Hadi, Syaiful
 
Description Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah bimbingan karier dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran IPS. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi (1) pemetaan standar kompetensi mata pelajaran IPS yang berhubungan dengan kesadaran karier dan pemetaan standar kompetensi bimbingan karier kelas tiga sekolah dasar, (2) menyusun materi pembelajaran, (3) menyusun rencana tindakan, (4) pelatihan terhadap guru dalam melaksanakan pembelajaran, (5) pelaksanaan tindakan, (6) hasil pelaksanaan tindakan, dan (7) evaluasi dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di-lakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci; peneliti memegang peran kunci dalam proses pengumpulan, penganalisisan, maupun penyimpulan data. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan perekaman. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data mengalir yang dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penyimpulan data. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi dan pengecekan teman sejawat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karier dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran IPS. Dari 42 siswa kelas III B Sekolah Dasar Negeri Percobaan Malang yang mampu menjawab paling sedikit 80% pertanyaan yang berhubungan dengan bimbingan karier
 
Publisher Ilmu Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan
 
Date 2011-08-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1103
 
Source 2715-6206
2088-0634
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1103/969
 
Rights Copyright (c) 2017 JURNAL PSIKOLOGI