Record Details

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF ACCEPTANCE DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN NURUL HUDA SINGOSARI MALANG

Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN SELF ACCEPTANCE DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN NURUL HUDA SINGOSARI MALANG
 
Creator Yusuf, Wiwin Fachrudin
 
Description Sudah menjadi kewajiban seluruh umat islam untuk mempelajari dan memahami ayat-ayat al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat islam yang diyakini kebenarannya, karena di dalamnya terdapat kandungan-kandungan hukum yang mengatur tata hidup manusia. Di dalam agama islam semua kejadian-kejadian yang ada didunia ini telah termaktub dalam al-Qur’an sebagai Kalam Allah yang harus dipelajari dandimengerti oleh setiap umat islam sebagai pedoman hidup dalammelakukan aktifitas sehari-hari serta untuk memahami dan mengetahuilebih jauh tentang peristiwa yangterjadi di  dunia ini. Untuk menjagake-outentikan al-Qur’an yaitu dengan menghafalkan dan mengamalkan isial-Qur’an tersebut. Dalam islam al-Qur’an mempunyai kedudukan yangsangat tinggi, karena Al-Qur’an selain sebagai kitab suci bagi orangislam juga sebagai sumber hukum yang pertama dan sebagai rujukanuntuk menuntaskan perselisihan.Peneliti menjelaskan kesehatan psikologis sebagai kondisi dimanaterjadi keselarasan psikis individu dari beberapa faktor utama: agama,spiritual, sosiologis, dan jasmani.Untuk mengukurnya, peneliti menggunakan parameter kesehatanpsikisnya Sulaiman Duwairiat, yang terdiri dari 60 unit. Penelitian ini menemukan adanya korelasi positif antara peningkatan kadar hafalandengan tingkat kesehatan psikis, dan mahasiswa yang unggul di bidanghafalan al-Qur’an itu memiliki tingkat kesehatan psikis denganperbedaan yang sangat jelas.Ada lebih dari tujuh puluh kajian, baik islam atau asing, yangseluruhnya menegaskan urgensi agama dalam meningkatkan ke-sehatan psikis seseorang, kematangan dan ketenangannya. Sebagai-mana berbagai penelitian di Arab Saudi sampai pada hasil yangmenegaskan peran al-Qur’an al-Karim dalam meningkatkanketerampilan dasar siswa-siswa sekolah dasar, dan pengaruh yangpositif dari hafalan al-Qur’an untuk mencapai IP yang tinggi bagimahasiswa.
 
Publisher Ilmu Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan
 
Date 2015-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/763
 
Source 2715-6206
2088-0634
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/763/618
 
Rights Copyright (c) 2017 ILMU PSIKOLOGI