MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING” DI SDN KESAMBEN I KECAMATAN PLUMPANG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING” DI SDN KESAMBEN I KECAMATAN PLUMPANG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
|
Creator |
Anik, Lilik Nuka
|
|
Subject |
ability
writing free verse method of writing conferencing |
|
Description |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metodeconference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas diSDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Meningkatkankemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas dengan menerapkan metode conferencewriting di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Desainpenelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadidua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswakelas VI di SDN Kesamben I Plumpang Tuban tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 14 siswa,terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif denganmenggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Pembelajaran dengan menerapkan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswakelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban semester IItahun pelajaran 2014/2015. (2) Kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas sebelumditerapkan metode conference writing mencapai nilai rata-rata 56,75 (kategori kurang) denganketuntasan belajar klasikal yaitu 29%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,36 (kategori baik)dengan ketuntasan belajar klasikal 65% (tidak tuntas), dan pada siklus II meningkat nilai rata-ratayaitu 80,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulispuisi bebas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,50.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2017-02-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/83
10.33086/ehdj.v3i1.83 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 3 No. 1 (2018): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 3 No 1 (2018): Educatioan and Human Development Journal 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/83/62
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Lilik Nuka Anik
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|