Record Details

MEMBANGUN ACADEMIC SELF-CONCEPT MAHASANTRI PESANTREN NAWESEA

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MEMBANGUN ACADEMIC SELF-CONCEPT MAHASANTRI PESANTREN NAWESEA
 
Creator Alfinnas, Shulhan
 
Subject academic
self-concept
mahasantri
pesantren
 
Description Pengkajian ini dimaksudkan untuk membahas konsep diri mahasantri dalam hal akademik di Pesantren Nawesea, Yogyakarta. Sebagai lembaga pendidikan non-formal yang dikelola lembaga swasta, pesantren ini menawarkan program pada pengembangan bahasa asing, pencapaian prestasi akademik dan spiritual untuk mahasantri. Tulisan ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berbentuk observasi mendalam. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal penting antara lain: santri wajib mengikuti program pengembangan bahasa Inggris dan bahasa Arab, program motivasi untuk meraih prestasi akademik yang gemilang. Beberapa santri berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di universitas ternama baik di dalam maupun di luar negeri. Alumninya tersebar dalam berbagai lapangan pekerjaan, seperti dosen, peneliti, guru, dan juga karyawan baik negeri maupun swasta. Dengan pelatihan dan pembiasaan ini, konsep diri mahasantri dalam hal akademik terbangun dan dijadikan acuan dalam menentukan masa depan yang cerah.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2018-10-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/59
10.33086/ehdj.v3i2.59
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 3 No. 2 (2018): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 3 No 2 (2018): Educatioan and Human Development Journal
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/59/42
 
Rights Copyright (c) 2018 Shulhan Alfinnas
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0