Record Details

MODEL PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ULA DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI KRATON PASURUAN

Studi Arab

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MODEL PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH ULA DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI KRATON PASURUAN
 
Creator Yusuf, achmad
 
Subject Model Pembelajaran
Madrasah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pembelajaran serta kekurangan dan kelebihan pembelajaran Madrasah Diniyah Ula di Pondok Pesantren Sidogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan analisis dokumen, observasi, dan wawancara dan dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode yang digunakan ceramah, dikte, dan hafalan, (2) materi yang diterapkan dari Pondok Pesantren Sidogiri dan tiga materi umum. (3) Media yang digunakan masih sederhana, kecuali untuk materi umum menggunakan media yang menunjang, dan (4) sistem evaluasi yang dilakukan adalah review diawal pelajaran dan ada ulangan. Kelebihan (1) sudah diakui pemerintah, (2) materi kitabnya lebih baik karena diolah dan dikembangkan sendiri, (3) sistem evaluasinya mengadakan review dan ujian di akhir semester. Kekurangan (1) metode masih klasik (ceramah, dikte, dan hafalan).
 
Publisher Universitas Yudharta Pasuruan
 
Date 2014-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/44
10.35891/studi arab.v5i1.44
 
Source 2502-616X
2086-9932
10.35891/studi arab.v5i1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/44/31