STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (LPBA) OCEAN PARE KEDIRI
Studi Arab
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (LPBA) OCEAN PARE KEDIRI
|
|
Creator |
Syarifuddin, Syarifuddin
|
|
Subject |
Strategi Pembelajaran
Maharah Al-Kalam |
|
Description |
Ocean adalah salah satu lembaga pendidikan bahasa Arab yang menawarkan strategi pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran maharah al-kalam, yang berpusat di daerah Pare Kediri. Strategi pembelajaran maharah al-kalam di LPBA Ocean didasarkan pada tiga hal pokok, yaitu tahapan mengajar, pendekatan mengajar, dan prinsip mengajar. Tahapan mengajar di sini dibagi menjadi tiga tahap: 1) tahap prainstruksional (mulai mengajar), guru menanyakan peserta yang tidak hadir. 2) tahap instruksional (saat mengajar), metode yang digunakan: taqdim, muhadatsah, dan tamtsiliyyah. 3) tahap evaluasi dan tindak lanjut, jenis penilaian ada tiga: penilaian harian, mingguan, dan bulanan, yang dilaksanakan dalam bentuk ujian lisan. Pendekatan mengajar meliputi pendekatan yang berorientasi pada guru (ceramah) dan berorientasi pada siswa (inquiry, interaksi sosial). Sedangkan prinsip mengajar meliputi motivasi, kooperasi dan kompetisi, korelasi, aplikasi, dan individualitas. Adapun pendekatan mengajar dan prinsip mengajar digunakan pada tahap instruksional
|
|
Publisher |
Universitas Yudharta Pasuruan
|
|
Date |
2014-06-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/42
10.35891/studi arab.v5i1.42 |
|
Source |
2502-616X
2086-9932 10.35891/studi arab.v5i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/42/29
|
|