Record Details

STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (LPBA) OCEAN PARE KEDIRI

Studi Arab

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (LPBA) OCEAN PARE KEDIRI
 
Creator Syarifuddin, Syarifuddin
 
Subject Strategi Pembelajaran
Maharah Al-Kalam
 
Description Ocean adalah salah satu lembaga pendidikan bahasa Arab yang menawarkan strategi pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran maharah al-kalam, yang berpusat di daerah Pare Kediri. Strategi pembelajaran maharah al-kalam di LPBA Ocean didasarkan pada tiga hal pokok, yaitu tahapan mengajar, pendekatan mengajar, dan prinsip mengajar. Tahapan mengajar di sini dibagi menjadi tiga tahap: 1) tahap prainstruksional (mulai mengajar), guru menanyakan peserta yang tidak hadir. 2) tahap instruksional (saat mengajar), metode yang digunakan: taqdim, muhadatsah, dan tamtsiliyyah. 3) tahap evaluasi dan tindak lanjut, jenis penilaian ada tiga: penilaian harian, mingguan, dan bulanan, yang dilaksanakan dalam bentuk ujian lisan. Pendekatan mengajar meliputi pendekatan yang berorientasi pada guru (ceramah) dan berorientasi pada siswa (inquiry, interaksi sosial). Sedangkan prinsip mengajar meliputi motivasi, kooperasi dan kompetisi, korelasi, aplikasi, dan individualitas. Adapun pendekatan mengajar dan prinsip mengajar digunakan pada tahap instruksional
 
Publisher Universitas Yudharta Pasuruan
 
Date 2014-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/42
10.35891/studi arab.v5i1.42
 
Source 2502-616X
2086-9932
10.35891/studi arab.v5i1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/42/29