SIGNIFICANT LEARNING (CARL RANSOM ROGERS) Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Studi Arab
View Archive InfoField | Value | |
Title |
SIGNIFICANT LEARNING (CARL RANSOM ROGERS) Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab
|
|
Creator |
Rokhmatulloh, Nur
|
|
Subject |
SIGNIFICANT LEARNING
Humanistik Bahasa Arab |
|
Description |
Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran terjadi tanpa memperhatikan kondisi psikologis siswa. Di dalam praktik mengajar bahasa khususnya bahasa Arab ada beberapa pendekatan teori pembelajaran bahasa Arab yang dapat dijadikan sebagai wawasan bagi para pendidik di antaranya adalah pendekatan teori behavioristik, humanistik dan lain sebagainya. Rogers menunjukkan sejumlah prinsip-prinsip belajar humanistik yang penting yakni dengan belajar secara signifikan (significant learning), Rogers membedakan dua tipe belajar, yaitu kognitif (kebermaknaan) dan signifikan guru menghubungkan pengetahuan akademik ke dalam pengetahuan terpakai seperti mempelajari mesin dengan tujuan untuk memperbaiki mobil. Pembelajaran yang menunjuk pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan siswa. Prakteknya dalam dunia pendidikan yaitu dengan menggabungkan kognitif dan efektif siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Yudharta Pasuruan
|
|
Date |
2015-06-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/38
10.35891/studi arab.v6i1.38 |
|
Source |
2502-616X
2086-9932 10.35891/studi arab.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/38/25
|
|