Record Details

SIGNIFICANT LEARNING (CARL RANSOM ROGERS) Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Studi Arab

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SIGNIFICANT LEARNING (CARL RANSOM ROGERS) Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab
 
Creator Rokhmatulloh, Nur
 
Subject SIGNIFICANT LEARNING
Humanistik
Bahasa Arab
 
Description Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran terjadi tanpa memperhatikan kondisi psikologis siswa. Di dalam praktik mengajar bahasa khususnya bahasa Arab ada beberapa pendekatan teori pembelajaran bahasa Arab yang dapat dijadikan sebagai wawasan bagi para pendidik di antaranya adalah pendekatan teori behavioristik, humanistik dan lain sebagainya. Rogers menunjukkan sejumlah prinsip-prinsip belajar humanistik yang penting yakni dengan belajar secara signifikan (significant learning), Rogers membedakan dua tipe belajar, yaitu kognitif (kebermaknaan) dan signifikan guru menghubungkan pengetahuan akademik ke dalam pengetahuan terpakai seperti mempelajari mesin dengan tujuan untuk memperbaiki mobil. Pembelajaran yang menunjuk pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan siswa. Prakteknya dalam dunia pendidikan yaitu dengan menggabungkan kognitif dan efektif siswa.
 
Publisher Universitas Yudharta Pasuruan
 
Date 2015-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/38
10.35891/studi arab.v6i1.38
 
Source 2502-616X
2086-9932
10.35891/studi arab.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/38/25