Record Details

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Melalui Menulis Cerita Berwawasan Gender di Labshool Unesa

Jurnal Soeropati

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Melalui Menulis Cerita Berwawasan Gender di Labshool Unesa
 
Creator Darni
Andriyanto, Octo
Subandi
Yuni Lestari
 
Subject children's stories, fairy tales, quality of learning, character of the nation, noble mind
 
Description Seorang guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengarahkan proses dan tujuan pembelajaran di kelas. Tujuan pembelajaran memerlukan arah yang jelas guna mencapai tujuan pendidikan yang telah dirancang sebelumnya. Seiring berjalannya waktu kualitas pembelajaran diharapkan semakin meningkat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Demikian pula mata pelajaran bahasa yang berperan dalam pembentukan karakter memerlukan perhatian khusus agar kualitas pembelajaran semakin meningkat. Dalam rangka mendukung Pergub Jatim no 19 tahun 2014, pembelajaran bahasa di Jawa Timur diajarkan dengan memperhatikan aspek pragmatis, atraktif, rekreatif, dan komunikatif mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA. Maka dari itu, melalui pelatihan ini diharapkan guru mampu mengaplikasikan pembelajaran bahasa yang berkualitas. Guru bahasa dipilih karena memiliki peran strategis dalam melestarikan dan mengenalkan nilai-nilai karakter bangsa. Tujuan pelaksanaan penganbdian di Labschool Unesa yaitu untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran bahasa yang selama ini kurang diperhatikan, serta ketrampilan menulis cerita sebagai wahana pembentuk karakter dan kesetaraan gender.  Adapun yang menjadi sasaran pelatihan adalah guru SD mata pelajaran bahasa dengan berfokus pada bidang ketrampilan menulis, yakni menulis cerita anak. Pelatihan dilaksanakan dengan metode pelatihan secara intensif dengan melibatkan partisipasi aktif guru SD Labschool Unesa 1 dan 2 di ketintang dan Lidah Wetan. PKM dilaksanakan selama 5 bulan dengan menggunakan 4 bahasa dalam menulis cerita yakni bahasa Indonesia, Jawa, Inggris dan Jepang.
Keywords: cerita anak, dongeng, kualitas pembelajaran, karakter bangsa, budi luhur
 
Publisher Institute for Research and Community Service in University of Yudharta Pasuruan
 
Date 2021-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/soeropati/article/view/2773
10.35891/js.v4i1.2773
 
Source 2621-0762
2620-8113
10.35891/js.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/soeropati/article/view/2773/2022
 
Rights Copyright (c) 2021 Darni, Octo Andriyanto, Subandi, Yuni Lestari
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0