KELAYAKAN MODUL IPS BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KELAYAKAN MODUL IPS BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
|
|
Creator |
Suratno, Edy
Wiratsiwi, Wendri |
|
Subject |
feasibility
social studies module with a character education on Indonesian independence proclamation material |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar sehingga diharapkan akan memudahkan guru untuk mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri atas empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan adalah modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar. Kelayakan modul didasarkan pada hasil validasi para pakar (ahli) dan hasil uji coba. Validitas modul dalam penelitian ini berdasarkan standar kelayakan media modul dan kelayakan materi modul. Hasil rata-rata dari perhitungan validasi modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar adalah sebesar 3,4 dan tanggapan yang diperoleh dari hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta uji coba lapangan oleh siswa menunjukkan bahwa modul layak dan valid digunakan dalam pembelajaran IPSdi SD kelas V.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2018-10-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/54
10.33086/ehdj.v3i2.54 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 3 No. 2 (2018): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 3 No 2 (2018): Educatioan and Human Development Journal 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v3i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/54/509
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Edy Suratno, Wendri Wiratsiwi
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|