Record Details

KELAYAKAN MODUL IPS BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KELAYAKAN MODUL IPS BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
 
Creator Suratno, Edy
Wiratsiwi, Wendri
 
Subject feasibility
social studies module with a character education
on Indonesian independence proclamation material
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar sehingga diharapkan akan memudahkan guru untuk mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri atas empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan adalah modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar. Kelayakan modul didasarkan pada hasil validasi para pakar (ahli) dan hasil uji coba. Validitas modul dalam penelitian ini berdasarkan standar kelayakan media modul dan kelayakan materi modul. Hasil rata-rata dari perhitungan validasi modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar adalah sebesar 3,4 dan tanggapan yang diperoleh dari hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta uji coba lapangan oleh siswa menunjukkan bahwa modul layak dan valid digunakan dalam pembelajaran IPSdi SD kelas V.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2018-10-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/54
10.33086/ehdj.v3i2.54
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 3 No. 2 (2018): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 3 No 2 (2018): Educatioan and Human Development Journal
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/54/509
 
Rights Copyright (c) 2018 Edy Suratno, Wendri Wiratsiwi
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0