Penggunaan Aplikasi Kinemaster untuk Media Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 34 Kinali
eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penggunaan Aplikasi Kinemaster untuk Media Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 34 Kinali
|
|
Creator |
Asmarita
Adam Mudinillah |
|
Subject |
Kinemaster
media pembelajaran covid-19 |
|
Description |
Based on the current situation during the COVID-19 pandemic, as well as regulations made by the government to conduct online learning processes, SDN 34 Kinali follows the circulating rules by studying online to help reduce the transmission of COVID-19 that is being faced. So to continue to carry out the learning process, media is needed in conveying material to students, learning media is a tool used to convey material messages to students that stimulate students' minds and attract students' interest in carrying out learning in order to achieve the expected goals in learning. In this study, the purpose of this study was to use an application for editing learning videos at SDN 34 Kinali Pasaman Barat in class V theme 6 sub-theme 1, in making videos in the Kinemaster application, namely by using various features in order to attract students' interest in listening to lessons during the pandemic. Faced at this time. In the current condition, learning videos are very much used so as not to make students lazy in participating in learning that is carried out if only through wa only. Therefore, the kinemaster used in video editing is a good electronic tool and easy to apply [Berdasarkan keadaan pandemi covid-19 saat ini sebagaimana peraturan yang dibuat pemerintah, maka SDN 34 Kinali mengikuti aturan yang beredar dengan belajar secara online. Maka untuk terus menjalankan proses pembelajaran diperlukan media dalam menyampaikan materi kepada siswa, media pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan materi kepada siswa yang merangsang pikiran siswa serta menarik minat siswa dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan pada pembelajaran. Maka perbedaan media pembelajaran pada masa pandemic tentu berbeda dengan pembelajaran sebelum pandemic, yaitu aplikasi media yang digunakan tentu yang menarik fokus siswa dalam belajar. Dalam implementasinya aplikasi media pembelajaran dapat diperoleh oleh semua siswa dalam pembelajaran sehingga dapat memahami penggunaan aplikasi dan materi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik. Pada penelitian kali ini memiliki tujuan penggunaan aplikasi untuk editing video pembelajaran pada SDN 34 Kinali Pasaman Barat pada kelas V tema 6 subtema 1, pada pembuatan video di aplikasi kinemaster yaitu dengan menggunakan fitur yang beragam agar dapat menarik minat siswa dalam menyimak pelajaran pada masa pandemi yang dihadapi pada saat ini. Pada kondisi saat ini video pembelajaran sangat digunakan agar tidak membuat siswa menjadi malas dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan bila hanya dengan melaui wa saja. Oleh karna itu kinemaster yang digunakan dalam editing video merupakan alat elektronik yang baik dan mudah dalam pengaplikasiannya. Sehingga dengan begitu siswa ketika melihat materi yang disampaikan melalui aplikasi media pembelajaran yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik simpatik siswa agar tertarik kemudian diharapkan mudah dalam menerima materi pembelajaran] |
|
Publisher |
Institut Agama Islam Tribakti Kediri
|
|
Date |
2022-03-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1977
10.33367/jiee.v4i1.1977 |
|
Source |
eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education; Vol. 4 No. 1 (2022): el Bidayah, March 2022; 13-34
2656-7121 10.33367/jiee.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1977/1039
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Asmarita, Adam Mudinillah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|