Record Details

Metode Snowball Thowing dalam Pembelajaran Matematika MI: Studi Tindakan Kelas Pada pada KD menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri

eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Snowball Thowing dalam Pembelajaran Matematika MI: Studi Tindakan Kelas Pada pada KD menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri
 
Creator Nazah, Fitrotin
 
Subject Metode Snowball Throwling
Pembelajaran Matematika MI
 
Description Kegiatan belajar mengajar disekolah dapat berlangsung dengan baik apabila ada komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Biasanya pengajaran dikelas masih berfokus pada guru sebagai satu-satunya narasumber pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi pembelajaran. Sehingga kejenuhan dan kurang aktifnya siswa menjadi problem utama kurang maksimalnya proses pembelajaran MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri selama proses pembelajaran. Matematika ini cenderung masih sering menggunakan metode teacher centered. Sehingga rata-rata siswa banyak yang mengalami kejenuhan dan pasif dalam pembelajaran.Dengan memperhatikan uraian singkat tersebut di atas, penulis mencoba untuk memberikan alternatif model pembelajaran, yaitu metode pembelajaran Snowball Throwing.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran Snowball Throwing Telah terbukti  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menghitung volume kubus dan balok (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran pembelajaran Snowball Throwing Telah terbukti  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa menghitung volume kubus dan balok.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti Kediri
 
Date 2019-03-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/680
10.33367/jiee.v1i1.680
 
Source eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education; Vol. 1 No. 1 (2019): el Bidayah, March 2019; 79-96
2656-7121
10.33367/jiee.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/680/477
 
Rights Copyright (c) 2019 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0