Record Details

Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri

Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri
 
Creator Nilava, Ihna
Fauzi, Ahmad
 
Subject Etika Bisnis Islam
Jual Beli
Pasar Tradisional
 
Description Buying and selling activities are the activity of exchanging goods or material ownership permanently. One of the places for buying and selling is the Market. Along with the times of very rapid economic development, business competition is increasingly high. With very high competitors, business people use various methods to get high profits, so business people often ignore Islamic business ethics in running their business. Ethics is a good behavior of human behavior that covers social values. Good ethics includes honesty, reliability, disciplined loyalty. This study analyzes more deeply about Islamic business ethics using qualitative descriptive methods because the data used are through observation, interviews and documentation. In this context the researcher wants to examine the application of Islamic business ethics in the sale and purchase transactions at the Ngronggo Traditional Market in Kediri City. The results of the study of the application of Islamic business ethics in the sale and purchase transactions at the Ngronggo Market in Kediri City, led most of the traders to implement and run Islamic business ethics. although not all traders have adopted Islamic business ethics.
Kegiatan jual beli merupakan kegiatan tukar menukar barang atau materi kepemilikan secara permanen. Salah satu tempat kegiatan jual beli adalah Pasar.Seiring perkembangan zaman perkembangan ekonomi yang sangat pesat menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan pesaing yang sangat tinggi pelaku bisnis menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi sehingga pelaku bisnis sering mengabaikan etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya. Etika merupakan perilaku baik buruknya tingkah laku manusia yang mencangkup nilai nilai sosial. Etika yang baik mencangkup honesty, Reability, Loyalitas Disiplin. Penelitian ini menganalisis lebih dalam mengenai etika bisnis Islam dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif karena data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam konteks ini peneliti ingin mengkaji tentang penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli di Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri. Hasil penelitian penerapan etika bisnis Islam dalam Transaksi jual beli di Pasar Ngronggo Kota Kediri bawasanya sebagian besarĀ  pedagang sudah menerapkan dan menjalankan etika bisnis Islam. meskipun belum semua pedagang yang sudah menerapkan etika bisnis Islam.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti Kediri
 
Date 2020-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1338
10.33367/at.v2i2.1338
 
Source Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah; Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal At Tamwil, September 2020; 139 - 152
2723-7567
2615-4293
10.33367/at.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1338/767
 
Rights Copyright (c) 2020 Journal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah