Record Details

Pengaruh 5 Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh 5 Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
 
Creator Sholihin, Ustadus
 
Subject Kualitas Pelayanan
Kepuasan Pelanggan
 
Description 5 Dimensi Kualitas pelayanan yang terdiri dari wujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati merupakan hal yang sangat penting sekali karena berhubungan secara langsung dengan konsumen atau pelanggan. Dalam rangka memelihara pelanggan salah satunya yang ditempuh oleh perusahaan adalah menggunakan 5 dmensi kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas dan pada akhirnya tdk mau berpindah ke produk perusahaan lain. Metode penelitian yang dipakai adalah beberapa uji prasyarat dan regresi berganda. Dari hasil uji regresi berganda mendapatkan hasil sebagai berikut : y= -1,249 + 0,269x1 + 0,283x2 + 0,145x3 + 0,171x4+(-0,019)x5. Dari hasil analisis tersebut variable x2 yaitu kehandalan  merupakan variable yang paling dominan dibanding variable lainnya. Dari hasil analisis R square mendapatkan nilai yang sangat layak sebesar 0,809 atau 80,9 %  artinya variable x yaitu yang terdiri dari wujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati mampu mempengaruhi variable y, yaitu kepuasan pelanggan sebesar 80,9% dan sisanya 19,1% variabel diluar yang tidak diteliti mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis ini Joglo batik seminar kediri harus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti Kediri
 
Date 2019-03-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/742
10.33367/at.v1i1.742
 
Source Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah; Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal At Tamwil, Maret 2019; 72-97
2723-7567
2615-4293
10.33367/at.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/742/523
 
Rights Copyright (c) 2019 At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/