Pengorganisasian Industri Media Islam: Regenerasi Industri Media Islam Menjadi Industri Media Syariah
Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengorganisasian Industri Media Islam: Regenerasi Industri Media Islam Menjadi Industri Media Syariah
|
|
Creator |
Retpitasari, Ellyda
|
|
Subject |
Pengorganisasian Industri
Media Islam Regenerasi Industri Media Islam Industri Media Syariah |
|
Description |
Tulisan ini membahas keberadaan media, khususnya media Islam sebagai media dakwah dan informasi bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Berangkat dari fenomena empirik saat ini, masyarakat Indonesia dengan mayoritas muslim lebih memilih mengonsumsi media konvensional dibandingkan di media Islam. tulisan ini mengkritisi keberadaan media Islam yang seharusnya menjadi diversity of content, namun justru menjurus kepada content terkait radikalisme dan kurangnya manajemen yang baik. Tulisan ini menawarkan sebuah konsep baru dari industri media Islam dengan nama dan konsep yang berbeda yakni media syariah. Media syariah dikonsepkan menjadi agen perubahan sosial melalui media, sehingga produk media tidak hanya berhenti di content, namun memberikan efek terhadap perubahan perilaku masyarakat (behavior) dan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam pengelolaan dan konten.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2019-08-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/1051
10.33367/kpi.v2i1.1051 |
|
Source |
Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam; Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, Agustus 2019; 31-43
2745-9675 2654-315X 10.33367/kpi.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/1051/683
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ |
|