Record Details

Meme Dan Vlog Sebagai Medium Dakwah Yang Efektif di Internet

Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meme Dan Vlog Sebagai Medium Dakwah Yang Efektif di Internet
 
Creator Restendy, Mochammad Sinung
 
Description Berbagai media massa telah berubah pemaknaannya dalam memberi edukasi murni kepada masyarakat nyata dan juga netizen, arus informasi dan dunia hiburan hanya mengejar target dan kurang memperhatikan moralitas dan kesopanan. Budaya terbentuk dari kebiasaan dan arus komunikasi yang terjadi, dengan perkembangan teknologi membentuk robot robot baru dalam manusia dari sisi penyerapan informasi dan pekembangan teknologi terutama internet sangat mendominasi masyarakat dan jiwa muda bangsa ini. Sehingga penting untuk menjawab dan menelaah dua hal penting yaitu urgensi dan proses dakwah virtual yang mempengaruhi generasi bangsa ini. Penelitian ini memberi warna dan penemuan baru diantaranya era sekarang yang disebut era digital menyimpulkan hampir seluruh manusia tidak bisa lepas dari internet dalam kesehariannya, ini membuktikan adanya revolusi kebudayaan dan peradaban manusia. Kemudian perspektif emic dalam melihat manusia integral bukan hanya dari sisi keseharian di dunia nyata tapi juga dalam alam mayanya atau internet dan bermedia sosial, hingga adanya pemahaman meme dan vlog juga menjadi bukti awal peta kepribadian manusia saat ini, dan menjadi rumusan dakwahnya yang tepat dalam memberi efek dan respon dakwah. Dengan hasil temuan di atas kiranya dapat menambah juga memperkaya khazanah keilmuwan dibidang komunikasidan penyiaran terkait dakwah virtual.Termasuk menjadi masukan bagi kebijakan pemerintah dalam bidang komunikasi penyiaran dan keberagaman budaya
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2019-04-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/749
10.33367/kpi.v1i2.749
 
Source Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam; Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, Februari 2019; 48-72
2745-9675
2654-315X
10.33367/kpi.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/749/530