Record Details

Program Matrikulasi Pada Pembelajaran Kurikulum 2013

Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Program Matrikulasi Pada Pembelajaran Kurikulum 2013
 
Creator Sunaiyah, Salma
 
Subject Matriculation
Learning
Kurikulum 2013
 
Description Matriculation program as learning model for different student is applied by activities. The first matriculation activity is discussion. The goal of this discussion is student can find information from books, internet, and discussion. In this small discussion, there is product as a result. The discussion is done for hour of meeting. The next activity is presentation, plus value from this model is student can find more detail information through direct reading. Student more understand and give quality question. The goal of matriculation is sharpen sensitiveness for analysis and study how to give conclusion scientifically.
 
Matrikulasi sebagai model pembelajaran untuk siswa yang input-nya berbeda-beda dilaksanakan melalui beberapa kegiatan. Kegiatan matrikulasi dilaksanakan pertama-tama dengan kegiatan diskusi matrikulasi. Diskusi matrikulasi dimaksudkan agar peserta didik mampu menemukan informasi dari buku, internet, dan berdiskusi. Dalam diskusi kecil ada hasilnya berupa produk. Diskusi dilaksanakan  selama satu jam pelajaran. Satu jam pelajaran berikutnya adalah waktu untuk melaksanakan presentasi atau dan panel. Kelebihan dari model ini (matrikulasi), siswa dalam kelompoknya menemukan informasi lebih detail melalui proses membaca langsung. Siswa lebih memahami dan mengajukan pertanyaan secara lebih berkualitas. Tingkat pertanyaan menunjukkan pemahaman mereka. Tujuan dari matrikulasi adalah menajamkan kepekaan analisis dan belajar menarik kesimpulan secara ilmiah. Presentasi hasil diskusi dengan cara siswa menjelaskan dan bertanya jawab lalu menyimpulkan materi yang didiskusikanya. Melalui model ini, efektifitas dapat dicapai. Siswa mengalami sendiri proses scientific dan hasil kognitif pun lebih tinggi kualitasnya.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2018-08-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies/article/view/525
10.33367/ijies.v1i1.525
 
Source Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES); Vol. 1 No. 1 (2018): Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES); 115-133
2622-7975
2621-5837
10.33367/ijies.v1i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies/article/view/525/349
 
Rights Copyright (c) 2018 Salma Sunaiyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0