Program Matrikulasi Pada Pembelajaran Kurikulum 2013
Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Program Matrikulasi Pada Pembelajaran Kurikulum 2013
|
|
Creator |
Sunaiyah, Salma
|
|
Subject |
Matriculation
Learning Kurikulum 2013 |
|
Description |
Matriculation program as learning model for different student is applied by activities. The first matriculation activity is discussion. The goal of this discussion is student can find information from books, internet, and discussion. In this small discussion, there is product as a result. The discussion is done for hour of meeting. The next activity is presentation, plus value from this model is student can find more detail information through direct reading. Student more understand and give quality question. The goal of matriculation is sharpen sensitiveness for analysis and study how to give conclusion scientifically. Matrikulasi sebagai model pembelajaran untuk siswa yang input-nya berbeda-beda dilaksanakan melalui beberapa kegiatan. Kegiatan matrikulasi dilaksanakan pertama-tama dengan kegiatan diskusi matrikulasi. Diskusi matrikulasi dimaksudkan agar peserta didik mampu menemukan informasi dari buku, internet, dan berdiskusi. Dalam diskusi kecil ada hasilnya berupa produk. Diskusi dilaksanakan selama satu jam pelajaran. Satu jam pelajaran berikutnya adalah waktu untuk melaksanakan presentasi atau dan panel. Kelebihan dari model ini (matrikulasi), siswa dalam kelompoknya menemukan informasi lebih detail melalui proses membaca langsung. Siswa lebih memahami dan mengajukan pertanyaan secara lebih berkualitas. Tingkat pertanyaan menunjukkan pemahaman mereka. Tujuan dari matrikulasi adalah menajamkan kepekaan analisis dan belajar menarik kesimpulan secara ilmiah. Presentasi hasil diskusi dengan cara siswa menjelaskan dan bertanya jawab lalu menyimpulkan materi yang didiskusikanya. Melalui model ini, efektifitas dapat dicapai. Siswa mengalami sendiri proses scientific dan hasil kognitif pun lebih tinggi kualitasnya. |
|
Publisher |
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2018-08-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies/article/view/525
10.33367/ijies.v1i1.525 |
|
Source |
Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES); Vol. 1 No. 1 (2018): Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES); 115-133
2622-7975 2621-5837 10.33367/ijies.v1i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies/article/view/525/349
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Salma Sunaiyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|