Record Details

Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung

Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung
 
Creator Marwa, Mentari
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan adanya metode pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kreativitas verbal dan figural pada siswa kelas VI Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest One Group Design. Metode pembelajaran terpadu yaitu suatu pembelajaran yang memadukan berbagai materi dalam satu sajian pembelajaran agar siswa memahami keterkaitan antara satu materi dengan materi lain atau antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain dan partisipasi aktif dari siswa akan membuat siswa lebih mudah untuk mengingat dan mengembangkan kognitif, dinamika afektif dan psikomotorik anak secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas verbal pada anak kelas VI. Metode pembelajaran terpadu ternyata mampu meningkatkan kreativitas verbal siswa, dimana semua siswa mengalami peningkatan kreativitas verbal, dengan nilai Z = -2,041 dan p < 0,05. Hasil lain menunjukkan tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas figural, dengan nilai Z = -0,000 dan p > 0,05
 
Publisher Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAI-Tribakti Kediri
 
Date 2017-12-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/447
10.33367/psi.v2i2.447
 
Source Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi; Vol. 2 No. 2 (2017): Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi; 212-240
2549-6166
2528-0600
10.33367/psi.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/447/316