Implementasi Etika Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa Program Kelas Religi: Studi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Etika Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa Program Kelas Religi: Studi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri
|
|
Creator |
Nidhomuddin, M. Dian Zaynul Fata
Muslimin, Muslimin |
|
Subject |
Etika Belajar
Pendidikan Islam |
|
Description |
Hampir semua orang mengerti dan mengetahui kepentingan dan keperluan mencari ilmu sekalipun hanya secara umum tidak secara mendetail, terutama umat islam yang diwajibkan dalam agamnya untuk menuntut ilmu tiada terbatas, selama ilmu itu membawa kemaslahatan dalam hidupnya. Tidak semua ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat bagi orang tersebut, lmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa membawa pemiliknya agar selalu taat pada Allah swt, dan bisa di amalkan untuk kepentingan bangsa masyarkat, keluarga, dan pribadi khususnya. karena Demi kebahagiaan dunia, semua dicari dengan ilmu, demi kebahagiaan akhirat, juga dengan ilmu. Salah satu syarat mendapatkan ilmu manfaat dan barokah adalah melaksanakan etika dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjeleaskan: 1) Etika belajar dalam prespektif Pendidikan Islam yang diimplementasikan oleh siswa kelas progam Religi di MTsN 2 Kota Kediri, 2) Aspek yang berkontribusi pada Implementasi Etika belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa kelas progam Religi di MTsN 2 Kota Kediri. Hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan 1. Dalam implementasi etika belajar siswa progam religi di MTsN 2 Kota Kediri terdapat 7 poin etika yang menjadi pegangan saat belajar selama 3 tahun di Madrasah ini yaitu 1) Niat di kala belajar, 2) Memilih ilmu, guru dan teman serta ketahanan dalam belajar, 3) Menghormati ilmu dan ulama, 4) Berdoa sebelum belajar, 5) Ketekunan, kontiunitas dan cita-cita luhur, 6) Tawakal kepada Allah 7) Wara, 2. Faktor pendukung 1) keteladanan kepala dan guru 2) Motivasi / tekad siswa 3) dukungan orang tua terhadap progam kelas religi di MTsN 2 Kota Kediri 4) kurikulum yang terintregasi dengan etika etika dalam belajar sesuai dengan pendidikan islam, sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) Belum semua pihak madrasah memberi contoh, 2) adanya siswa yang malas, 3) media yang semakin berkembang menyebabkan para siswa kurang fokus dalam niatan awal dalam belajar |
|
Publisher |
Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2018-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/745
10.33367/ji.v8i3.745 |
|
Source |
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. 3 (2018): Intektual:Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Desember 2018; 291-302
2685-4155 1979-2050 10.33367/intelektual.v8i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/745/526
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 M. Dian Zaynul Fata Nidhomuddin, Muslimin Muslimin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|