Record Details

Implementasi Etika Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa Program Kelas Religi: Studi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Etika Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa Program Kelas Religi: Studi Kasus di MTsN 2 Kota Kediri
 
Creator Nidhomuddin, M. Dian Zaynul Fata
Muslimin, Muslimin
 
Subject Etika Belajar
Pendidikan Islam
 
Description Hampir semua orang mengerti dan mengetahui kepentingan dan keperluan mencari ilmu sekalipun hanya secara umum tidak secara mendetail, terutama umat islam yang diwajibkan dalam agamnya untuk menuntut ilmu tiada terbatas, selama ilmu itu membawa kemaslahatan dalam hidupnya. Tidak semua ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat bagi orang tersebut, lmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa membawa pemiliknya agar selalu taat pada Allah swt, dan bisa di amalkan untuk kepentingan bangsa masyarkat, keluarga, dan pribadi khususnya. karena Demi kebahagiaan dunia, semua dicari dengan ilmu, demi kebahagiaan akhirat, juga dengan ilmu. Salah satu syarat mendapatkan ilmu manfaat dan barokah adalah melaksanakan etika dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjeleaskan: 1) Etika  belajar dalam prespektif Pendidikan Islam  yang diimplementasikan oleh siswa kelas progam Religi di MTsN 2 Kota Kediri, 2)  Aspek yang berkontribusi pada Implementasi  Etika belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam pada Siswa kelas progam Religi di MTsN 2 Kota Kediri.
Hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan 1. Dalam implementasi etika belajar siswa progam religi di MTsN 2 Kota Kediri terdapat 7 poin etika yang menjadi pegangan saat belajar selama 3 tahun di Madrasah ini yaitu 1) Niat di kala belajar, 2) Memilih ilmu, guru dan teman serta ketahanan dalam belajar, 3) Menghormati ilmu dan ulama, 4) Berdoa sebelum belajar, 5) Ketekunan, kontiunitas dan cita-cita luhur, 6) Tawakal kepada Allah 7) Wara, 2. Faktor pendukung 1) keteladanan kepala dan guru 2) Motivasi / tekad siswa 3) dukungan orang tua terhadap progam kelas religi di MTsN 2 Kota Kediri 4) kurikulum yang terintregasi dengan etika etika dalam belajar sesuai dengan pendidikan islam, sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) Belum semua pihak madrasah memberi contoh, 2) adanya siswa yang malas, 3) media yang semakin berkembang menyebabkan para siswa kurang fokus dalam niatan awal dalam belajar
 
Publisher Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2018-12-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/745
10.33367/ji.v8i3.745
 
Source Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. 3 (2018): Intektual:Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Desember 2018; 291-302
2685-4155
1979-2050
10.33367/intelektual.v8i3
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/745/526
 
Rights Copyright (c) 2018 M. Dian Zaynul Fata Nidhomuddin, Muslimin Muslimin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0