Record Details

Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring): Studi Pada Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di MI Daya Muda Al-Islam Takat Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring): Studi Pada Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di MI Daya Muda Al-Islam Takat Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk
 
Creator Kholisiyah, Nurul
Yuanita, Dianis Izztul
 
Subject Strategi REACT
Mata Pelajaran Matematika
 
Description Kemampuan siswa terhadap pelajaran matematika di MI perlu terus ditingkatkan, mengingat perkembangan dunia saat ini menuntut berbagai perhitungan yang lebih rumitid. Tidak terkecuali siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daya Muda Al-Islam  Takat Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk yang saat ini masih tergolong rendah. Terlihat dari nilai ulangan semester II tahun pelajaran 2015/2016, yaitu: dari 119 siswa hanya 21% yang tuntas belajar secara klasikal (dikatakan tuntas apabila nilainya 75) sedangkan yang tidak tuntas 79%. Mengatasi permasalahan di atas, diperlukan strategi REACT yang menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental.Fakus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT  pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. (2) Kemampuan apa saja yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam dilakukan dengan 4 proses tahapan, pertama proses relating siswa diberi rumus kemudian mengaitkannya dengan kehidupan nyata, kedua proses experiencing yaitu siswa melakukan eksplorasi rumus dengan pengalaman nyata siswa, ketiga siswa menerapkan pengalaman dalam kehidupan nyata untuk memecahkan soal matematika, keempat proses cooperating siswa bersama dengan kelompoknya melakukan diskusi untuk memecahkan soal bersama-sama, kelima proses tranferring siswa melakukan presentasi dari hasil diskusi bersama kelompoknya setelah memecahkan soal matematika. (2) Kemampuan siswa yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam adalah: pertama  kemampuan relating siswa sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan hasil tes ulangan harian.Kemampuan experiencing dengan 8 indikator sudah mencapai nilai rata-rata yang baik. Kemampuan applying dari 5 indikator,3 aspek kurang baik. Kemampuan cooperating siswa,  6 siswa  dengan 5 indikator sudah menunjukkan nilai rata-rata yang baik, Kemampuan tranferring siswa rata-rata sudah baik, walaupun siswa masih berlum terbiasa mengkomunikasikan hasil diskusi dengan presentasi di depan kelas.
 
Publisher Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2018-08-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/711
10.33367/ji.v8i2.711
 
Source Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. 2 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Agustus 2018; 195-204
2685-4155
1979-2050
10.33367/intelektual.v8i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/711/497