Efektifitas Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri Di Madrasah Diniyyah Haji Ya'qub Lirboyo Kediri
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektifitas Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri Di Madrasah Diniyyah Haji Ya'qub Lirboyo Kediri
|
|
Creator |
Fauzan, Irfan
Muslimin, Muslimin |
|
Subject |
Metode Sorogan
Minat Belajar Madrasah |
|
Description |
Madrasah merupakan sebuah perkembangan dalam pembelajaran yang digunakan di pesantren untuk meningkatkan mutu pendidikanya, kalau mengamati awal mula berdirinya pesantren yang hanya terdapat dua metode pembelajaran yaitu sorogan dan bandongan. Dalam praktek pembelajaranya di madrasah para siswa sudah dibagi per kelas menurut kemampuanya masing-masing, meskipun sudah demikian akan tetapi pihak madrasah tidak menghapus metode klasikal seperti metode sorogan, yang menurut Zamaksyari Dhofier merupakan metode pendidikan trasdisional pendidikan Islam yang tersulit, yang membutuhkan disiplin diri, ketekunan dan utamanya adalah kesabaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut, (1). Bagaimana Peranan Metode Sorogan dalam meningkatkan minat belajar di Madrasah Diniyyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri? (2) Bagaimana Minat Belajar Santri di Madrasah Diniyyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur? (3) Apa saja Kendala Yang Dialami Madrasah Diniyyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri dalam Usahanya Meningkatkan Minat Belajar Santri? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan, peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan empat tahapan diantaranya, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: Pertama metode sorogan berperan aktif dalam meningkatkan minat belajar santri. Kedua Minat belajar santri Madrasah Diniyah Haji Ya'qub masih baik. Ketiga Kendala yang sering dialami pihak madrasah diantaranya adalah kebanyakan dari siswanya mengenyam pendidikan formal dan nonformal.
|
|
Publisher |
Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2018-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/697
10.33367/ji.v8i`1.697 |
|
Source |
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. `1 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, April 2018; 69-80
2685-4155 1979-2050 10.33367/intelektual.v8i`1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/697/483
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Irfan Fauzan, Muslimin Muslimin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|