Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Sekolah Di SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Sekolah Di SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk
|
|
Creator |
Utami, Dewi Sri
|
|
Subject |
Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan
Budaya Sekolah |
|
Description |
Budaya Sekolah diharapkan mampu memperbaiki mutu sekolah, kinerja di sekolah dan mutu kehidupan yang diharapkan memiliki ciri sehat, dinamis, atau aktif, positif dan profesional. Budaya sekolah yang sehat memberikan peluang sekolah dan warga sekolah yang berfungsi secara optimal, bekerja secara efisien, energik, penuh vitalitas, memiliki semangat tinggi, dan akan mampu terus berkembang. Oleh karena itu, budaya sekolah ini perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kegiatan, strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah, dan dampak penerapan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMPN 1 Prambon. Dikarenakan menurut pandangan peneliti telah berhasil menerapkan budaya sekolahnya yang menonjol pada kepedulian lingkungannya sehingga mampu meraih pemenang Sekolah Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2016 dan banyak meraih prestasi dibidang akademik maupun bidang lainnya. Fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bentuk strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di SMPN 1 Prambon. (2) Dampak penerapan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui Budaya Sekolah di SMPN 1 Prambon.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kulitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dampak strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah meliputi: penataan dan perawatan linkungan fisiknya, penataan lingkungan sosialnya, penataan personil sekolahnya, penataan lingkungan kerjanya. (2) Dampak penerapan Strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di SMPN 1 Prambon yang telah diterapkan berdampak:Pencapaian nilai sebesar 93 dan berpredikat A pada akreditasinya, peserta didik lulus 100 % dan lulusanya banyak diterima disekolah terbaik di wilayah Kediri maupun Nganjuk, gurunya profesional dengan indikator semua sudah bersetifikat pendidik dan semua berpendidikan minimal S1, hasil ujian nasional baik, sekolah memiliki prestasi dalam berbagai kompetisi, dan peserta didik memiliki karakter yang baik.
|
|
Publisher |
Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2018-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/695
10.33367/intelektual.v8i`1.695 |
|
Source |
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. `1 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, April 2018; 41-56
2685-4155 1979-2050 10.33367/intelektual.v8i`1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/695/482
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Dewi Sri Utami
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|