Record Details

Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Sekolah Di SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Sekolah Di SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk
 
Creator Utami, Dewi Sri
 
Subject Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan
Budaya Sekolah
 
Description Budaya  Sekolah diharapkan mampu memperbaiki mutu sekolah, kinerja di sekolah dan mutu kehidupan yang diharapkan memiliki ciri sehat, dinamis, atau aktif, positif dan profesional. Budaya sekolah yang sehat memberikan peluang sekolah  dan warga sekolah yang berfungsi  secara optimal, bekerja secara efisien, energik, penuh vitalitas, memiliki semangat tinggi, dan akan mampu terus berkembang. Oleh karena itu, budaya sekolah ini perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kegiatan, strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah, dan dampak penerapan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMPN 1 Prambon. Dikarenakan menurut pandangan peneliti telah berhasil menerapkan budaya sekolahnya yang menonjol pada kepedulian lingkungannya sehingga mampu meraih pemenang Sekolah Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2016 dan banyak meraih prestasi dibidang akademik maupun bidang lainnya. Fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bentuk strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di SMPN 1 Prambon.  (2) Dampak penerapan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui Budaya Sekolah di SMPN 1 Prambon.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kulitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dampak strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah meliputi: penataan dan perawatan  linkungan fisiknya, penataan lingkungan sosialnya, penataan personil sekolahnya, penataan lingkungan kerjanya. (2) Dampak penerapan Strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di SMPN 1 Prambon yang telah diterapkan berdampak:Pencapaian nilai sebesar 93 dan berpredikat A pada akreditasinya, peserta didik lulus 100 % dan lulusanya banyak diterima disekolah terbaik di wilayah Kediri maupun Nganjuk, gurunya profesional dengan indikator semua sudah bersetifikat pendidik dan semua berpendidikan minimal S1, hasil ujian nasional baik, sekolah memiliki prestasi dalam berbagai kompetisi, dan peserta didik memiliki karakter yang baik.
 
Publisher Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2018-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/695
10.33367/intelektual.v8i`1.695
 
Source Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. `1 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, April 2018; 41-56
2685-4155
1979-2050
10.33367/intelektual.v8i`1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/695/482
 
Rights Copyright (c) 2018 Dewi Sri Utami
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0