Pemakaian Media Flipchart Dalam Pembelajaran Pedidikan Agama Islam Materi Fiqih Kelas Vii Di MTs NU Mojosari Nganjuk
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemakaian Media Flipchart Dalam Pembelajaran Pedidikan Agama Islam Materi Fiqih Kelas Vii Di MTs NU Mojosari Nganjuk
|
|
Creator |
Ansori, Ali
|
|
Subject |
Pemakaian Media Flipchart
Pembelajaran Fiqih |
|
Description |
Penerapan metode pembelajaran yang bervariasi perlu terus dikembangkan termasuk metode flipchart. Hal ini penting untuk memberikan daya tarik dan motivasi siswa dalam mendalami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran Fiqih di kelas dan menguraikan penerapan metode Flipchart dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi fiqih kelas VII di MTs NU Mojosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara metode penggalian datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, 1) kegiatan belajar mengajar di MTs NU Mojosari berjalan dengan baik dan lancar, guru menggunakan media untuk menyampaikan materi agar siswa mudah memahami apa yang di sampaikan. 2) Pemakaian flipchart tersebut dapat menstimulasi siswa untuk lebih semangat dan tertarik dengan apa yang diajarkan oleh guru, selain itu siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan media flipchart. hal ini diperoleh berdasarkan analisis data yang di peroleh dari wawancara dan observasi. 3) faktor yang mendukung dan menghambat dalam penggunaan media flipchart. Kelebihanataufaktor yang mendukungdalah: Pertama, denganmenggunakan flipchart pelajaran mudah dimengerti oleh siswa,Kedua, Media flipchart adalah media yang sederhanadantidakrumitatauberbelit-belit, Ketiga, Media flipchart tidak sekali pakai. Keempat, Media flipchart tidakmahal,.Kelima. Guru dapatmemuatmateri yang hanya dibutuhkan siswa agar materi tidak melebar. Keenam, Menghematwaktudalam proses belajarmengajar (tidak perlu menggambar atau menulis lagi di papan cukup menempelkan gambar atau tulisan yang sudah dipersiapkan. Ketujuh, Media flipchart mudah untukdipindah-pindahkan. Beberapafaktor yang menghambatadalah, pertama, untuk membuat flipchart ataubagan yang baik guru memerlukan waktu persiapan atau pembuatan yang cukup lama. Kedua, flipchart membutuhkan perawatan yang baik karena kertas adalah bahan yang mudah rusak. Ketiga, Flipchart membutuhkan tempat penyimpanan yang baik dan kondusif. Keempat, flipchart tidak bisa menggambarkan unsur gerak. Kelima, perlu keterampilan mendesain isi dari flipchart denganbaik. Solusi yang terbaik untuk factor penghambatnya adalah adanya kerjasama antarapihak terkait agar dapat dilakukan dengan baik.
|
|
Publisher |
Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2018-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/692
10.33367/intelektual.v8i`1.692 |
|
Source |
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 8 No. `1 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, April 2018; 11-18
2685-4155 1979-2050 10.33367/intelektual.v8i`1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/692/480
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Ali Ansori
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|